Lebanon Jual Big Mac Termurah di Dunia saat Mata Uang Lokal Terjun Bebas

loading...
Lebanon Jual Big Mac Termurah di Dunia saat Mata Uang Lokal Terjun Bebas
Bagi warga yang dibayar dengan pound Lebanon, Big Mac jadi makanan mewah yang makin tak terjangkau di Lebanon. Foto/REUTERS
BEIRUT - Lebanon adalah tempat bagi Big Mac termurah di dunia setelah nilai pound terjun bebas, sehingga turun lebih dari 70% terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Pernyataan itu diungkapkan Economist Intelligence Unit. Pada harga 29.904 pound Lebanon, Big Mac memang tidak murah bagi warga yang digaji dalam mata uang lokal.

Namun dengan nilai tukar 17.800 pound Lebanon terhadap dolar AS, harga Big Mac hanya USD1,68 (Rp24.000) untuk turis dan mereka yang cukup beruntung digaji dalam dolar.

Baca juga: Protes Meluas ke Teheran, Demonstran Kecam Pemimpin Tertinggi Iran



“Kemerosotan pound Lebanon memperburuk dan mempercepat inflasi pada sekeranjang barang kebutuhan pokok, seperti beras, gula dan tepung, setiap hari,” ungkap pengamat ekonomi Lebanon Bassel Al-Khatib.

Baca juga: Setelah PM, Presiden Tunisia Juga Pecat Menhan dan Menteri Kehakiman

“Kebanyakan orang dibayar dalam mata uang lokal di Lebanon, dengan upah minimum nasional mencapai 675.000 pound Lebanon per bulan, yang dulunya bernilai hampir USD450 pada nilai tukar resmi, tetapi hari ini hampir tidak mencapai USD30 di pasar gelap,” papar Crisis Observatory di American University of Beirut (AUB).

Baca juga: Putin: AL Rusia Dapat Lakukan Serangan yang Tak Bisa Dicegah Jika Diperlukan

Crisis Observatory mengatakan biaya makanan telah melonjak 700% selama dua tahun terakhir. Peningkatan ini telah melonjak hingga 50% dalam beberapa pekan terakhir saja.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top