Meteor Raksasa Lintasi Langit Norwegia, Serpihannya Hujani Bumi

Minggu, 25 Juli 2021 - 20:52 WIB
loading...
Meteor Raksasa Lintasi Langit Norwegia, Serpihannya Hujani Bumi
Para ahli mengatakan, serpihan dari meteor itu mungkin jatuh ke bumi dan mendarat tidak jauh dari Ibu Kota Norwegia, Oslo. Foto/Ist
A A A
OSLO - Sebuah " meteor yang luar biasa besar " secara singkat menerangi Norwegia selatan. Meteor ini menciptakan tampilan suara dan cahaya yang spektakuler saat bergemuruh melintasi langit.

Para ahli mengatakan, serpihan dari meteor itu mungkin jatuh ke bumi dan mendarat tidak jauh dari Ibu Kota Norwegia, Oslo. Sejauh ini, tidak ada laporan adanya korban atau kerusakan yang disebabkan serpihan meteor tersebut.

Laporan penampakan mulai berdatangan sekitar pukul 1 pagi, dengan video yang beredar di media sosial menunjukkan setidaknya satu kilatan terang menerangi marina di Holmestrand, selatan Oslo.

Jaringan Meteor Norwegia mengatakan, pihaknya sedang menganalisis rekaman video dan data lain untuk mencoba menentukan asal, dan tujuan meteor tersebut.

Data awal, papar Jaringan Meteor Norwegia, menunjukkan sebuah meteorit mungkin telah menabrak daerah hutan, yang disebut Finnemarka, hanya 60 km barat ibukota, Oslo.

"Ini gila. Meteor itu melaju dengan kecepatan 15-20 km per detik dan menerangi langit malam selama sekitar lima hingga enam detik," kata Morten Bilet dari Jaringan Meteor Norwegia, seperti dilansir Reuters pada Minggu (25/7/2021).

"Apa yang kami alami tadi malam adalah sebuah batu besar yang bergerak kemungkinan dari antara Mars dan Jupiter, yang merupakan sabuk asteroid kami. Dan ketika itu mendesing, itu menciptakan gemuruh, ringan dan kegembiraan besar di antara kami (para ahli) dan mungkin beberapa ketakutan di antara yang lain," sambungnya.

Namun, meskipun meteor ini memberikan kegembiraan tersendiri bagi para ahli, tapi tidak bagi masyarakat, terutama mereka yang tinggal pegunungan yang berada di lintasan meteor itu.

"Bagi mereka yang terdekat, itu mungkin perisitiwa yang menyeramkan," tukasnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2186 seconds (0.1#10.140)