Jet Checkmate Rusia Tandingan F-35 AS: Berteknologi AI, Bisa Tembak 6 Target Sekaligus

loading...
Jet Checkmate Rusia Tandingan F-35 AS: Berteknologi AI, Bisa Tembak 6 Target Sekaligus
Prototipe jet tempur siluman Checkmate Rusia dipamerkan di pameran dirgantara MAKS-2021. Foto/Russia Today
MOSKOW - Lama ditunggu, jet tempur siluman Checkmate Rusia akhirnya diungkap dalam pameran kedirgantaraan MAKS-2021 International Aviation and Space Salon, dekat Moskow, di hadapan Presiden Vladimir Putin, Selasa (20/7/2021). Banyak informasi menarik dari pesawat yang diklaim sebagai tandingan jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS) tersebut.

Dikembangkan oleh pabrikan terkenal Rusia; Sukhoi, bersama dengan dua raksasa industri militer lainnya, Rostec dan UAC (United Aircraft Corporation), Checkmate diperkenalkan sebagai pesawat tempur taktis ringan generasi kelima.

Jelas ditujukan untuk pasar luar negeri, pesawat yang baru berwujud prototipe ini diklaim menggabungkan kemampuan teknis dan digital tertinggi dengan efisiensi biaya dan keserbagunaan.

Baca juga: Tandingan F-35 AS, Jet Tempur Siluman Checkmate Juga Dibikin Versi Nirawak

Berikut sederet informasi yang dirangkum SINDOnews.com dari pesawat tempur siluman Checkmate Rusia:

1. Penerbangan Supersonik



Dalam hal kecepatan dan jangkauan, Checkmate diklaim dapat mencapai kecepatan hingga 1.370 mph (1,8 Mach), dengan jangkauan 1.740 mil (2.800 km) tanpa bahan bakar tambahan. Menurut pabrikan, ia dapat mempertahankan penerbangan supersonik berkelanjutan dan juga dilengkapi dengan kapasitas muatan terbaik di kelasnya—16.300 lbs (7.400 kg).

2. Bawa Banyak Senjata

Pembuat Checkmate mengatakan pesawat tempur siluman generasi kelima terbaru Rusia ini akan membawa banyak senjata melebihi kemampuan angkut senjata yang dimiliki F-35 Lockheed Martin AS. Senjata yang akan dibawa beragam, dari yang dipandu maupun tak dipandu, dan dapat menyerang target udara, darat atau laut. Bahkan, diklaim memiliki kompartemen senjata (bay) terbesar di kelasnya, dan kemampuan untuk membawa 5 rudal air-to-air dari jangkauan yang berbeda.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top