Informan FBI Dituduh Terlibat Rencana Penculikan Gubernur Michigan

Rabu, 21 Juli 2021 - 12:09 WIB
loading...
A A A
Adapun informan berlabel "CHS-1" dibayar USD8.600. FBI tidak menyebut alasan pembayaran itu.

Meskipun tidak termasuk dalam pernyataan tertulis awal, kemudian terungkap bahwa informan lain, yang diidentifikasi hanya sebagai “Dan” dalam dokumen pemerintah, dibayar sekitar USD6.000 untuk “penggantian biaya” dan USD24.000 lainnya untuk “layanan” sebagai sumber.

FBI juga membelikannya mobil baru, menganggapnya sebagai "biaya perlindungan saksi."

“Seorang veteran Perang Irak, 'Dan', akan menjadi sangat terlibat dengan kelompok yang diduga penculik sehingga dia akhirnya naik menjadi ‘panglima kedua’," ungkap laporan BuzzFeed.

Selama sekitar enam bulan, dia mengumpulkan ratusan jam rekaman grup menggunakan kawat, mendorong para tersangka berkolaborasi satu sama lain dan "mendorong" pemimpin kelompok "memajukan rencananya."

Kadang-kadang, dia bahkan membayar untuk mengantar anggota kelompok ke pertemuan, seperti yang dilakukan informan lain yang berbasis di Wisconsin.

Pekan lalu, seorang pengacara untuk satu terdakwa mengajukan mosi mengutip teks dari agen FBI ke 'Dan,' mengatakan mereka menunjukkan FBI mengarahkan dia untuk merekrut orang-orang tertentu ke dalam konspirasi penculikan.

Pengacara terdakwa sekarang meminta semua pesan yang dipertukarkan antara keduanya, menunjukkan mereka dapat memperkuat pembelaan atas klaim jebakan.

Kelompok itu juga mengatur rencana membeli bom pertahanan diri dari agen yang menyamar, seperti yang dicatat dalam pernyataan tertulis FBI bahwa empat tersangka berencana "bertemu dengan UCE pada 7 Oktober 2020, untuk melakukan pembayaran bahan peledak dan bertukar peralatan taktis."

Mereka ditangkap sebelum pertemuan itu bisa terjadi, dan sejauh mana keterlibatan agen itu dalam plot masih belum jelas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0824 seconds (0.1#10.140)