Bantu Indonesia, Jepang Kirim Ribuan Oksigen Konsentrator

loading...
Bantu Indonesia, Jepang Kirim Ribuan Oksigen Konsentrator
Pemerintah Jepang mengumumkan bahwa mereka akan mengirimkan ribuan oksigen konsentrator ke Indonesia melalui United Nations Office for Project Services (UNOPS). Foto/REUTERS
JAKARTA - Pemerintah Jepang mengumumkan bahwa mereka akan mengirimkan ribuan oksigen konsentrator ke Indonesia. Bantuan itu akan dikirimkan Jepang melalui the United Nations Office for Project Services (UNOPS).

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia mengatakan, Tokyo memutuskan untuk memberikan bantuan hibah darurat sesuai dengan kebutuhan Indonesia, senilai kurang lebih USD 5,6 juta dalam bentuk 2.800 oksigen konsentrator. Baca juga: Layanan Isi Ulang Oksigen Gratis di Dishub Jatim Capai 200 Meter Kubik Per Hari

"Bantuan ini bertujuan untuk mendukung penanganan Covid-19 di Indonesia yang merupakan mitra strategis bagi Jepang," kata Kedutaan Besar Jepang dalam siaran pers yang diterima Sindonews pada Selasa (20/7/2021).

"Jepang akan terus memberikan dukungan terhadap upaya Indonesia untuk mengatasi pandemi Covid-19 melalui berbagai bantuan, termasuk pemberian sebanyak 2,16 juta dosis vaksin yang telah diserahkan pada tanggal 1 dan 15 Juli yang lalu," sambungnya.



Sebelumnya, pada akhir pekan lalu Kedutaan BesarKorea Selatan (Korsel)di Jakarta mengatakan, Seoul mengirimkan konsentrator oksigen dan ventilator ke Indonesia. Baca juga: Pemerintah Didorong Bikin Jera Penimbun Tabung Oksigen

"Bantuan kemanusiaan berupa peralatan medis yang akan diberikan kepada pemerintah Indonesia antara lain adalah 350 unit konsentrator oksigen dan 35 unit ventilator. Rencananya, bantuan tersebut akan didatangkan secara bertahap," ucapnya.

Pihak Kedutaan Besar Korsel mengatakan, bantuan tahap pertama sebanyak 200 unit konsentrator oksigen yang telah tiba di Bandara Soekarno Hatta. "Sedangkan, sisa bantuan lainnya direncanakan tiba di Indonesia dalam waktu dekat," ujarnya.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top