AS Tembakkan Rudal Patriot untuk Pertama Kalinya di Australia

Jum'at, 16 Juli 2021 - 07:53 WIB
loading...
AS Tembakkan Rudal Patriot untuk Pertama Kalinya di Australia
Sebuah rudal interseptor ditembakkan dari sistem pertahanan rudal Patriot Amerika Serikat. Foto/US Army/Vincent Wilson
A A A
CANBERRA - Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) menembakkan sistem pertahanan rudal Patriot untuk pertama kalinya di Australia pada Jumat (16/7/2021). Senjata pertahanan itu menembak dari Shoalwater Bay dengan target sepasang drone.

Manuver sistem pertahanan rudal canggih itu bagian dari latihan perang gabungan dua tahunan Tasliman Sabre 2021 yang telah dimulai sejak Rabu lalu. Latihan perang ini melibatkan belasan ribu tentara AS, Australia, Selandia Baru, Jepang, Korea Selatan, dan Inggris.



Komandan Satuan Tugas Angkatan Darat Australia, Mayor Jenderal Jake Ellwood, mengatakan para peserta latihan termasuk kelompok penyerang ekspedisi AS dari USS Amerika—kapal serbu amfibi yang berbasis di Pangkalan Angkatan Laut Sasebo, Jepang,—bersama dengan 70 pesawat.

"Ini akan menjadi pertama kalinya Patriot menembak dari pantai Australia," kata Ellwood seperti dikutip Stars and Stripes.

Menurut Wakil Direktur Latihan Kolonel Angkatan Darat AS Jerry Hall, sistem pertahanan rudal Patriot dibawa oleh pasukan dari Brigade Artileri Pertahanan Udara ke-38 dari Depot Umum Sagami, Jepang.

Proposal untuk menyebarkan sistem pertahanan rudal ke Australia telah disetujui pada 2009 lalu.

Bagian penting dari latihan perang gabungan ini, kata Hall, adalah membuat pasukan AS dan Australia bekerja sama dengan sistem pertahanan rudal Patriot. Angkatan Darat AS mengoordinasikan penggunaan sistemnya secara erat dengan Angkatan Udara untuk mengintegrasikan pertahanan udara dan rudal.

Senator Australia Jim Molan, seorang pensiunan mayor jenderal, menulis di surat kabar The Australian pada 3 Mei bahwa negaranya lebih mungkin mengalami serangan rudal dalam setiap konflik antara AS dan China.

“Banyak orang Australia biasa, bukan hanya mereka yang secara pribadi mengalami konflik global, yang sadar akan kenyataan suram bahwa perang tidak hanya mungkin terjadi di wilayah kami, tetapi juga mungkin,” tulis dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)