AS Kerahkan Sekelompok Pembom B-52 ke Indo-Pasifik untuk Bela Sekutunya

Jum'at, 16 Juli 2021 - 06:38 WIB
loading...
AS Kerahkan Sekelompok Pembom B-52 ke Indo-Pasifik untuk Bela Sekutunya
Pesawat pembom B-52 Stratofortress Amerika Serikat. Foto/US Air Force/Master Sgt Lance Cheung/Handout via REUTERS
A A A
WASHINGTON - Sekelompok pesawat pembom B-52 Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) telah dikerahkan ke kawasan Indo-Pasifik. Komando Strategis Amerika mengeklaim pengerahan tersebut untuk menunjukkan komitmennya dalam membela sekutu Amerika di kawasan tersebut.

"Sekelompok B-52 Stratofortresses, airmen dan peralatan pendukung Angkatan Udara AS dari Pangkalan Angkatan Udara Minot, North Dakota, dikerahkan ke kawasan Indo-Pasifik untuk mendukung Satuan Tugas Pembom Angkatan Udara Pasifik,” kata Komando Strategis dalam sebuah pernyataan.



"BTF [Satuan Tugas Pembom] menunjukkan komitmen AS yang berkelanjutan kepada sekutu dan mitra di kawasan Indo-Pasifik," lanjut pernyataan tersebut yang dikutip SINDOnews.com dari situs resminya, stratcom.mil, Jumat (16/7/2021).

Menurut Komando Strategis Amerika, sekelompok pembom B-52 akan ditempatkan di Pangkalan Angkatan Udara Andersen di Guam.

Pesawat-pesawat pembom itu akan berpartisipasi dalam manuver gabungan dengan Pasukan Pertahanan Australia selama latihan perang Talisman Sabre 2021."Yang diharapkan dapat memperkuat kemampuan kolektif untuk mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," imbuh pernyataan Komando Strategis AS.



Seperti diketahui sebelumnya, AS semakin khawatir dengan kekuatan militer China yang tumbuh di kawasan Indo-Pasifik dan dilaporkan telah meningkatkan kehadirannya di wilayah tersebut. Pada bulan Juni lalu dilaporkan bahwa Pentagon sedang mempertimbangkan pengerahan satuan tugas Angkatan Laut permanen di Samudra Pasifik.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)