Citra Satelit Picu Spekulasi China Punya 'Area 51' Setara Milik AS

Kamis, 15 Juli 2021 - 06:06 WIB
loading...
Citra Satelit Picu Spekulasi China Punya Area 51 Setara Milik AS
Gambar citra satelit memicu spekulasi jika China mempunyai Area-51 setara milik AS. Sejumlah pesawat miik Angkatan Udara China juga terllihat terparkir di wilayah tersebut. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Di tengah perlombaan negara-negara untuk secepatnya meningkatkan kemampuan angkatan udara tak berawak mereka menghasilkan pesawat tempur canggih generasi berikutnya, bekas lokasi uji coba nuklir di sudut terpencil provinsi Xinjiang China telah menarik perhatian para ahli.

Sebuah wilayah daratan yang besar, terpencil dan misterius di China telah memicu spekulasi baru bahwa Beijing mungkin telah mendirikan “Area 51” yang setara milik Amerika Serikat (AS), di mana ia bekerja untuk mengembangkan pesawat militer tak berawak.

'Area 51' asli adalah fasilitas rahasia milik Angkatan Udara AS (USAF) yang terletak di dalam Nevada Test and Training Range. Umumnya, fasilitas ini dianggap mendukung pengembangan dan pengujian pesawat eksperimental dan sistem senjata.

The War Zone mengutip citra satelit yang diperoleh dari Planet Labs tertanggal 1 Juni lalu seolah-olah menunjukkan pangkalan uji rahasia yang sama di dekat Malan di provinsi Xinjiang, China. Fasilitas uji coba nuklir Lop Nur didirikan pada tahun 1959, dengan sekitar 45 uji coba nuklir dilaporkan dilakukan di gurun ini sebelum berhenti beroperasi pada tahun 1996.



Outlet tersebut mengklaim telah melihat serangkaian prototipe drone Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), dengan pesawat tempur J-16 Flanker berawak berada di landasan. Sementara tampilan pesawat tak berawak di lokasi bukanlah hal baru, itu adalah pencampuran pesawat tak berawak dengan pesawat berawak l yang menarik perhatian mereka yang membaca gambar.

"Pada pandangan pertama, kami pikir ini bisa menjadi turunan Flanker tak berawak atau opsional berawak yang sedang menjalani pengujian, atau ada hubungannya dengan tim udara dari pesawat berawak dan tak berawak," tulis Tyler Rogoway dari The War Zone yang dinukil dari Sputnik, Kamis (15/7/2021).



Laporan itu menduga bahwa program pengembangan artificial intellegence atauAI mungkin sedang dilakukan. Negara-negara lain dilaporkan telah secara aktif mengejar program-program tersebut. Dalam kasus Australia, proyek drone Loyal Wingman adalah contohnya. Drone besar yang dikendalikan AI dimaksudkan untuk terbang bersama dengan F-35 Stealth Fighter.

Proyek "Skyborg" serupa sedang dikembangkan oleh AS, kata outlet tersebut. Sedangkan Beijing diyakini menyebut proyeknya "Intelligence Victory".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)