Takut Dieksekusi Taliban, Satu Keluarga Afghanistan Terdampar di Bandara Turki

Rabu, 14 Juli 2021 - 22:47 WIB
loading...
A A A
Anggota keluarga lainnya, di Amerika Serikat, mengirim CBS News tautan ke pernyataan pemerintah provinsi Istanbul yang mengkonfirmasi kedatangan 16 warga Afghanistan pada 22 Juni. Dikatakan bahwa mereka telah ditolak melakukan perjalanan ke Rusia karena kekurangan visa Rusia, dan permohonan suaka mereka di Turki sedang diproses dalam ruang lingkup hukum Turki.

Kerabat di AS mengatakan 16 anggota keluarga itu telah dipindahkan ke kamp penahanan terpisah, yang lebih mirip penjara bagi mereka, dan pihak berwenang Turki telah mengambil barang-barang pribadi mereka.

Keluarga Farshad tidak ingin disebutkan namanya karena takut berbicara dengan media dapat memengaruhi upaya mereka untuk mendapatkan suaka di Turki.

Sejak Presiden Joe Biden mengumumkan rencana penarikan penuh pasukan AS dari Afghanistan pada 1 Mei, gerilyawan Taliban telah membuat kemajuan yang signifikan, termasuk di provinsi Herat, tempat keluarga Farshad berasal. Hanya sekitar 650 tentara Amerika yang tersisa di negara itu, membantu mengamankan Kedutaan Besar AS dan bandara internasional di Kabul, tetapi tidak lagi terlibat dalam pertempuran dengan Taliban.

Para pejabat Afghanistan telah melukiskan gambaran suram tentang situasi tersebut kepada CBS News. Mereka mengatakan negara itu bisa jatuh ke dalam perang saudara skala penuh jika penyelesaian politik tidak tercapai antara pemerintah dan kelompok militan.

Taliban telah merebut lebih banyak distrik penting di seluruh negeri dalam beberapa pekan terakhir, dan mereka juga telah mengepung ibu kota provinsi. Mereka menguasai beberapa penyeberangan perbatasan dengan negara tetangga pekan lalu, termasuk satu di Herat. Polisi perbatasan Afghanistan yang menjaga pos itu melarikan diri melintasi perbatasan ke Iran untuk perlindungan saat para militan bergerak maju.

Pada hari Senin, Finlandia menghentikan sementara semua deportasi pengungsi Afghanistan kembali ke negara asal mereka, dengan alasan situasi yang tidak stabil di Afghanistan.

"Untuk saat ini, kami tidak membuat keputusan yang mengarah pada deportasi ke Afghanistan," kata pejabat imigrasi Finlandia kepada kantor berita Reuters.

"Kami tidak bisa mengatakan seperti apa situasi seseorang yang kembali ke daerah tertentu," jelasnya.

Keputusan itu diambil sehari setelah Kementerian Pengungsi dan Repatriasi Afghanistan mengeluarkan perintah resmi kepada negara-negara Eropa untuk berhenti mendeportasi warga negara Afghanistan kembali ke negara itu, dengan alasan meningkatnya kekerasan oleh kelompok teroris Taliban di negara itu dan penyebaran gelombang ketiga COVID-19.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)