BGI China Dituduh Ambil Data DNA Tes Prenatal Dunia, Dikhawatirkan untuk 'Tentara Super'

Sabtu, 10 Juli 2021 - 08:12 WIB
loading...
A A A
Selain itu, sementara hasil tes yang dikumpulkan dari wanita di luar China disimpan di laboratorium BGI sendiri di Hong Kong—dan, menurut perusahaan, dihancurkan setelah lima tahun sesuai dengan peraturan GDPR—yang dari wanita China ditahan di bank gen nasional China, yang dijalankan oleh tidak lain dari BGI.

Sebuah panel penasihat pemerintah AS yang bersidang pada bulan Maret memperingatkan bahwa basis data genetik besar-besaran pada akhirnya dapat digunakan untuk memberi China keunggulan ekonomi dan militer di seluruh dunia. Keuntungan itu bisa datang dalam bentuk perkembangan pesat produk farmasi, peningkatan genetik untuk tentara atau bahkan patogen rekayasa genetika.

Dalam pernyataannya, BGI mengatakan inisiatif penelitiannya telah menghasilkan “terobosan medis besar”. "Pernyataan bahwa BGI dimotivasi oleh apa pun selain kemajuan hasil kesehatan sangat mengecewakan dan secara faktual tidak benar," kata perusahaan tersebut.

Laporan tersebut didasarkan pada investigasi Reuters sebelumnya yang diterbitkan pada bulan Januari yang mempelajari lusinan dokumen resmi dan makalah penelitian untuk mengungkap hubungan yang dalam dan lama antara BGI dan militer China.

Menurut temuan laporan itu, BGI dan militer China telah berkolaborasi dalam studi infeksi pernapasan, ilmu otak, dan banyak lagi, termasuk studi tentang perawatan genetik potensial yang dapat membuat populasi Han China kebal terhadap penyakit ketinggian.

Seperti laporan tes prenatal, investigasi Januari juga memicu kekhawatiran dari para ahli kontra intelijen dan penasihat pemerintah AS, yang mencatat bahwa proyek penelitian mereka berpotensi digunakan untuk merekayasa bioweapon [senjata biologis] atau bahkan yang disebut "tentara super."

BGI sekali lagi menolak klaim tersebut, mengatakan kepada Reuters bahwa proyek penelitiannya mematuhi standar berbagi data dan penelitian genomik internasional. Ia juga mencatat bahwa mereka telah bekerja sama dengan militer semata-mata untuk tujuan akademis. "BGI sangat menolak tuduhan apa pun tentang hubungan dengan PLA," katanya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)