PM Israel Bennett Lakukan Pertemuan Rahasia dengan Raja Yordania Abdullah II

Jum'at, 09 Juli 2021 - 10:48 WIB
loading...
A A A
Setelah berita tentang pertemuan itu menyebar, kantor PM Bennett menghubungi orang-orang Yordania dan mengatakan kepada mereka bahwa mereka tidak bertanggung jawab atas kebocoran berita pertemuan tersebut.

Seorang juru bicara Kedutaan Besar Yordania di Amerika Serikat menolak permintaan komentar mengenai masalah tersebut.

Hubungan dengan Yordania telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir, di mana Netanyahu dituduh mengabaikan hubungan kedua negara. Selama beberapa tahun terakhir, Yordania telah memutus akses Israel ke dua kantong pertanian yang disewa sebagai bagian dari kesepakatan damai 1994 antara kedua negara tersebut, dan telah menjadi suara utama menentang tindakan Israel di Temple Mount.



Awal tahun ini, ketegangan meledak setelah Amman menunda sebuah pesawat yang dijadwalkan untuk membawa Netanyahu ke Uni Emirat Arab, seolah-olah sebagai tanggapan atas Putra Mahkota Yordania Hussein yang membatalkan perjalanan ke Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, karena ketidaksepakatan mengenai pengaturan keamanan.

Perdana menteri Israel saat itu, yang terpaksa membatalkan perjalanannya ke Abu Dhabi, berusaha menutup wilayah udara Israel untuk penerbangan Yordania sebagai pembalasan.

Selama Operasi Penjaga Tembok—perang 11 hari dengan Hamas—pada bulan Mei, Parlemen Yordania menyerukan dengan suara bulat untuk mengusir duta besar Israel untuk Amman, sebagai protes atas “kejahatan” Israel terhadap warga Palestina.

Raja Abdullah saat itu mengatakan; "Tindakan provokatif Israel terhadap Palestina menyebabkan eskalasi saat ini dan menambah lebih banyak ketegangan di kawasan ini.”

Raja Abdullah sendiri dijadwalkan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih pada 19 Juli. Menurut juru bicara Gedung Putih Jen Psaki, keduanya akan membahas peran kepemimpinan Yordania dalam mempromosikan perdamaian dan stabilitas di kawasan.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)