Varian COVID-19 yang Lebih 'Ganas' dari Delta Terdeteksi di Australia

Selasa, 06 Juli 2021 - 19:49 WIB
loading...
Varian COVID-19 yang Lebih Ganas dari Delta Terdeteksi di Australia
Varian COVID-19 Lambda telah menyerang di 31 negara setelah kasus terbaru tercatat di pantai Australia. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
CANBERRA - Strain COVID-19 terbaru yang lebih menular dibanding varian Delta telah menyerang di 31 negara setelah kasus terbaru tercatat di pantai Australia .

Varian Lambda terdeteksi pada seorang pelancong yang menjalani karantina hotel di New South Wales pada bulan April, menurut database genomik nasional AusTrakka. Namun tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa strain tersebut mulai menyebar di antara komunitas di Australia.

Strain ini, juga dikenal oleh para ilmuwan sebagai C.37, ditandai sebagai varian yang menarik oleh WHO bulan lalu karena penularannya yang tinggi.

Strain COVID-19 Lambda menarik perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) setelah ditemukan di Inggris, Amerika Serikat (AS), dan Jerman. Diperkirakan berasal dari Peru, jenis virus mematikan itu mencapai hampir 81 persen kasus di negara itu sejak April.

Dokter di negara Amerika Selatan mengklaim varian itu lebih menular daripada varian lain karena seberapa cepat menyebar selama empat bulan terakhir.



Rentetan penularan di negara itu dan tetangganya Chili, di mana strain Lambda juga dominan, sangat buruk dibandingkan dengan Inggris dan AS. Di AS, strain ini hanya menyumbang 0,3 persen infeksi dan kurang dari 0,1 persen di Inggris.

Profesor Pablo Tsukayama, dari Universitas Cayetano Heredia, mengatakan strain ini telah 'meledak' di Peru, dengan varian baru bertanggung jawab atas 82 persen kasus saat ini.

Dia mengatakan kepada Financial Times (FT) bahwa strain itu hanya satu dari setiap 200 sampel pada bulan Desember, ketika pertama kali terlihat.

"Itu akan menunjukkan tingkat penularannya lebih tinggi daripada varian lainnya," kata Profesor Tsukayama seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (6/7/2021).

Pakar lain juga menyuarakan keprihatinan tentang varian tersebut.

Dr Jeffrey Barrett, kepala Inisiatif Genomik COVID-19 Inggris di Welcome Sanger Institute, mengatakan kepada FT: "Lambda memiliki pola unik dari tujuh mutasi pada protein lonjakan yang digunakan virus untuk menginfeksi sel manusia."

"Para peneliti sangat tertarik dengan satu mutasi yang disebut L452Q, yang mirip dengan mutasi L452R untuk berkontribusi pada infeksi varian Delta yang tinggi," imbuhnya.

Meski begitu, peneliti pelacakan virus Corona belum menemukan bukti bahwa virus itu sebenarnya lebih menular daripada jenis yang ada, termasuk Delta atau 'Delta Plus'.

Yang lain juga bersikeras tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa strain itu lebih mematikan, meskipun beberapa dokter menghubungkan penyebarannya ke Peru yang memiliki tingkat kematian COVID-19 terburuk di dunia.



Kekhawatiran tentang keparahannya pertama kali dikemukakan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia.

Kementerian itu dilaporkan kemarin mentweet: "Strain Lambda dilaporkan berasal dari Peru, negara dengan tingkat kematian tertinggi di dunia."

Disebutkan bahwa para peneliti khawatir bahwa varian ini mungkin "lebih menular daripada varian Delta", klaim situs web berita Malaysia.

Kesehatan Masyarakat Inggris menjadikan Lambda sebagai varian yang sedang diselidiki pada Juni lalu setelah enam kasus terdeteksi pada pelancong yang kembali. Dua kasus baru telah terdeteksi di Inggris.

Ilmuwan Chili yang mempelajari sampel darah yang diambil dari petugas kesehatan awalnya menemukan varian Lambda memiliki mutasi L452Q.

Mutasi ini mirip dengan mutasi L452R pada varian Delta dan Epsilon yang diyakini para peneliti membuatnya lebih menular.



Ahli virologi University of Queensland Kirsty Short mengatakan penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum mengklasifikasikan Lambda sebagai lebih menular daripada varian Delta.

"Ini sangat awal," kata Dr Short kepada ABC.

"Ini titik awal yang baik, tapi saya pasti tidak akan menyimpulkan apa pun dari itu ke dalam klinik," tukasnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1996 seconds (0.1#10.140)