Kebakaran Dahsyat Melanda, Siprus Minta Bantuan Internasional

Minggu, 04 Juli 2021 - 07:21 WIB
loading...
Kebakaran Dahsyat Melanda, Siprus Minta Bantuan Internasional
Siprus meminta bantuan internasional saat kebakaran dahsyat melanda negara Mediterania itu. Foto/BBC
A A A
NIKOSIA - Siprus meminta bantuan internasional untuk mengatasi kebakaran besar yang digambarkan oleh para pejabat negara itu sebagai yang terburuk dalam sejarah.

Kobaran api, yang dipicu oleh angin kencang, menyebar melalui distrik Limassol selatan dan memaksa beberapa desa dievakuasi. Puluhan properti telah rusak tetapi tidak ada korban yang dilaporkan.

Siprus telah mengalami gelombang panas selama seminggu, dengan suhu mencapai hingga 40C.

Para ahli mengatakan bahwa perubahan iklim diperkirakan akan meningkatkan frekuensi kejadian cuaca ekstrem, seperti gelombang panas. Namun, menghubungkan setiap peristiwa tunggal dengan pemanasan global itu rumit.

Pihak berwenang Siprus meminta bantuan dari Uni Eropa dan Israel setelah kebakaran hutan, yang dilaporkan sekitar tengah hari pada hari Sabtu kemarin, meningkat saat membakar daerah utara kota Limassol dan Larnaca.



"(Kebakaran) itu lewat seperti angin puyuh, menghancurkan segalanya," kata Vassos Vassiliou, seorang pemimpin masyarakat di Arakapas, daerah yang terkena dampak kebakaran seperti dikutip dari BBC, Minggu (4/7/2021).

Petugas pemadam kebakaran sekarang berlomba untuk mencegah kobaran api melintasi wilayah pegunungan dan merusak Hutan Machairas.

"Ini adalah kebakaran hutan terburuk dalam sejarah Siprus," kata Direktur Departemen Kehutanan Charalambos Alexandrou kepada Omega TV negara itu, menambahkan batas api membentang setidaknya 40 km .

Sementara itu, Presiden Nicos Anastasiades mengatakan itu adalah hari yang sangat sulit bagi Siprus dan prioritasnya adalah tidak ada korban jiwa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)