Ingin Bersaing dengan China dan Rusia, AL AS Kembangkan Rudal Hipersonik

Jum'at, 02 Juli 2021 - 14:49 WIB
loading...
Ingin Bersaing dengan China dan Rusia, AL AS Kembangkan Rudal Hipersonik
Angkatan Laut AS mengesampingkan proyek senjata railgun elektromagnetiknya dan memilih mengembangkan rudal hipersonik. Foto/Ilustrasi
A A A
BATH - Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) untuk saat ini menghentikan keinginannya untuk memiliki senjata futuristik yang menembakkan proyektil hingga tujuh kali kecepatan suara menggunakan listrik.

AL AS menghabiskan lebih dari satu dekade mengembangkan railgun elektromagnetik dan pernah mempertimbangkan untuk menempatkannya di kapal perusak kelas Zumwalt terbaru yang dibangun di Bath Iron Works Maine.

Tetapi Departemen Pertahanan AS mengalihkan perhatiannya ke rudal hipersonik untuk bersaing dengan China dan Rusia , dan Angkatan Laut memotong dana untuk penelitian railgun dari proposal anggaran terbarunya.

“Railgun itu, untuk saat ini, mati,” kata Matthew Caris, seorang analis pertahanan di Avascent Group, sebuah perusahaan konsultan seperti dikutip dari AP, Jumat (2/7/2021).



Menurut Curtis, ini menunjukkan Angkatan Laut AS melihat tantangan dalam menerapkan teknologi serta kekurangan dalam jangkauan proyektil dibandingkan dengan rudal hipersonik.

Sementara itu, juru bicara Angkatan Laut Courtney Callaghan mengatakan keputusan Angkatan Laut AS untuk menghentikan penelitian pada akhir tahun membebaskan sumber daya untuk rudal hipersonik, sistem energi terarah seperti laser dan sistem peperangan elektronik.

"Informasi yang diperoleh selama pengujian akan disimpan jika Office of Naval Research ingin melanjutkannya di masa depan," ungkapnya.

Menurut analis di Institut Hudson, Bryan Clark, Angkatan Laut menghabiskan sekitar USD500 juta untuk penelitian dan pengembangan.

Teknologi ini hampir membuat lompatan dari fiksi ilmiah ke kenyataan di abad ke-21 dengan pengujian prototipe.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)