Gereja Methodist Izinkan Nikah Sesama Jenis setelah Voting Bersejarah

Jum'at, 02 Juli 2021 - 01:31 WIB
loading...
Gereja Methodist Izinkan Nikah Sesama Jenis setelah Voting Bersejarah
Pasangan sesama jenis hendak berciuman di Berlin, Jerman. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Gereja Methodist telah mengizinkan pernikahan sesama jenis setelah pemungutan suara atau voting bersejarah Konferensi Methodist pada hari Rabu.

Pemungutan suara untuk mengubah definisi pernikahan pada Konferensi Methodist disetujui oleh 254 suara yang mendukung. Sedangkan 46 suara menentang.



Gereja Methodist menjadi denominasi Kristen terbesar keempat di Inggris dengan sekitar 164.000 anggota di lebih dari 4.000 gereja. Keputusan mengizinkan pernikahan sesama jenis itu bertentangan dengan Gereja Inggris maupun Gereja Katolik Roma.

Meski pernikahan sesama jenis tidak diperbolehkan di Gereja Inggris atau pun Gereja Katolik Roma, namun itu disambut di Gereja Episkopal Skotlandia, Gereja Reformasi Bersatu dan Gereja Quaker di Inggris.

Pejabat Gereja Methodit berharap pernikahan sesama jenis pertama di kapel Methodist akan berlangsung pada musim gugur.

Pendeta Sam McBratney, ketua kelompok kampanye Dignity and Worth, mengatakan; "Ini adalah langkah penting di jalan menuju keadilan setelah bertahun-tahun 'percakapan yang menyakitkan'."

"Beberapa dari kita telah berdoa untuk hari ini yang akan datang selama beberapa dekade, dan hampir tidak percaya sekarang ada di sini," katanya.

"Kami sangat berterima kasih kepada rekan-rekan Methodist kami karena mengambil langkah berani ini untuk mengakui dan menegaskan nilai dan nilai hubungan LGBTQ+," ujarnya yang dilansir dari BBC, Kamis (1/7/2021).

"Kami meyakinkan mereka yang tidak mendukung langkah ini bahwa kami ingin terus bekerja dan beribadah bersama Anda di Gereja yang kita semua cintai."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)