China Bangun 145 Silo Rudal Balistik Antarbenua yang Bisa Jangkau AS

Jum'at, 02 Juli 2021 - 00:02 WIB
loading...
China Bangun 145 Silo Rudal Balistik Antarbenua yang Bisa Jangkau AS
DF-41, rudal balistik antarbenua yang bisa membawa hulu ledak nuklir, saat dipamerkan militer China. Foto/REUTERS/Jason Lee
A A A
BEIJING - China telah memulai pembangunan sekitar 145 silo rudal balistik antarbenua (ICBM) yang bisa menjangkau daratan Amerika Serikat (AS). Aktivitas itu terungkap dari citra satelit komersial Planet.

Dari 145 silo itu, ratusan di antaranya baru dibangun di dekat kota Yumen di provinsi Gansu.



Citra satelit komersial Planet diperoleh para peneliti di James Martin Center for Nonproliferation Studies di Monterey yang dipublikasikan The Washington Post.

Menurut para pakar, jumlah rudal baru untuk silo ini bisa jauh lebih kecil dari yang diperkirakan.

“Jika silo yang sedang dibangun di lokasi lain di seluruh China ditambahkan ke penghitungan, totalnya menjadi sekitar 145 silo yang sedang dibangun,” kata Jeffrey Lewis, direktur Program Nonproliferasi Asia Timur di James Martin Center for Nonproliferation Studies kepada The Washington Postyang dilansir Kamis (1/7/2021).

James Martin Center for Nonproliferation Studies bagian dari Middlebury Institute of International Studies.

Lewis menekankan bahwa China sedang memperluas kekuatan nuklirnya untuk menghalau Amerika Serikat, bertahan dari kemungkinan serangan nuklir pertama dan mampu mengalahkan pertahanan rudal AS.



Saat ini, China memiliki lebih dari 300 hulu ledak nuklir, jauh lebih kecil dari Amerika Serikat dan Rusia yang memiliki ribuan hulu ledak nuklir meskipun ada upaya pelucutan senjata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)