AS dan Jepang Gelar Latihan Militer, Skenariokan Konflik dengan China

Kamis, 01 Juli 2021 - 10:38 WIB
loading...
A A A


Kekhawatiran yang dilaporkan mengenai kemungkinan perang atas Taiwan datang ketika Jepang sebelumnya menuduh China berlayar dengan kapalnya melalui perairan kepulauan Senkaku - wilayah yang dikendalikan oleh Jepang tetapi diklaim oleh Beijing. Sebagai catatan terakhir pulau-pulau itu ditandai pada peta Jepang sebagai wilayah China sekitar tahun 1783 dan 1785.

Beijing tidak mengakui kontrol Jepang atas pulau-pulau itu, merujuk pada wilayah itu sebagai Kepulauan Diaoyu. Tokyo menentang kapal-kapal Beijing yang berlayar di sekitar wilayah yang disengketakan, menyebut mereka sebagai serangan yang tidak dapat diterima. Jepang mendapat dukungan dari Amerika Serikat, dan kedua negara tersebut telah dituduh oleh Beijing "bersekongkol" melawan China.



Selain itu, wilayah maritim di Laut China Selatan diklaim oleh beberapa entitas lain, termasuk Filipina, Brunei, Malaysia, Vietnam, dan Taiwan, dengan yang terakhir secara bersamaan mencari kemerdekaan dari China daratan. Beijing terus bersikeras bahwa Taiwan adalah bagian dari daratan, menawarkan kebijakan 'Satu China'.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)