Putin: Kehadiran Kapal Perang Inggris di Laut Hitam untuk Tes Militer Rusia

Rabu, 30 Juni 2021 - 21:40 WIB
loading...
Putin: Kehadiran Kapal Perang Inggris di Laut Hitam untuk Tes Militer Rusia
Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan tujuan kehadiran kapal perang Inggris di Laut Hitam dekat Crimea dimaksudkan untuk mengetes militer Rusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin angkat bicara mengenai kehadiran kapal perang Inggris , HMS Defender di Laut Hitam dekat Crimea. Putin mengatakan tujuan kehadiran kapal perang itu dimaksudkan untuk mengetes militer Rusia.

London mengatakan kapal perusak itu mengikuti koridor yang diakui secara internasional dalam perjalanannya dari Ukraina ke Georgia. Mereka juga membantah bahwa terjadi konflik dengan pasukan Rusia, bahkan ketika Moskow mengatakan akan mengebom kapal-kapal yang masuk tanpa izin lain kali.

"Ini adalah provokasi, tentu saja. Jelas bahwa kapal perusak memasuki (perairan dekat Crimea) mengejar, pertama-tama, tujuan militer," kata Putin dalam sesi tanya jawab langsung yang disiarkan oleh televisi pemerintah, seperti dilansir Reuters pada Rabu (30/6/2021).

" Mereka mencoba menggunakan pesawat pengintai untuk menemukan bagaimana pasukan kita akan menghentikan provokasi semacam itu, untuk melihat apa yang terjadi di pihak kita, bagaimana segala sesuatunya bekerja. dan di mana semuanya berada." sambungnya.

Putin mengatakan Rusia alam merespons sedemikian rupa sehingga hanya akan memberi pihak lain informasi yang diinginkan Moskow untuk mereka miliki.

Dia juga mengatakan dia melihat komponen politik dalam insiden itu, yang terjadi tak lama setelah dia bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden di Jenewa.

"Pertemuan di Jenewa baru saja terjadi, jadi mengapa provokasi ini diperlukan, apa tujuannya? Untuk menggarisbawahi bahwa orang-orang itu tidak menghormati pilihan Krimea untuk bergabung dengan Rusia," ujarnya.

Pada saat yang sama, Putin mengecilkan tingkat keparahan konsekuensi potensial dari insiden itu.

"Bahkan jika kita telah menenggelamkan kapal perusak Inggris di dekat Krimea, tidak mungkin dunia berada di ambang Perang Dunia Ketiga," tukas pemimpin Rusia itu.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)