Duterte Larang Siswa ke Sekolah sampai Ada Vaksin Covid-19

Selasa, 26 Mei 2020 - 21:05 WIB
loading...
Duterte Larang Siswa ke Sekolah sampai Ada Vaksin Covid-19
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Foto/REUTERS
A A A
MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan dia tidak akan mengizinkan siswa untuk kembali ke sekolah sampai vaksin untuk virus corona baru ( Covid-19 ) tersedia. Dia tak peduli ketika negara-negara lain mulai membuka kembali sekolah-sekolah.

Para siswa rencananya kembali ke sekolah pada akhir Agustus setelah kelas untuk lebih dari 25 juta siswa sekolah dasar dan sekolah menengah ditutup pada bulan Maret ketika penularan Covid-19 terjadi di Filipina.

Namun dalam pidato yang ditayangkan Senin malam, Duterte mengatakan risikonya terlalu besar. Bahkan jika menahan siswa secara akademis. "Kecuali saya yakin mereka benar-benar aman, percuma saja membicarakan pembukaan kelas," kata presiden.

"Buat saya, vaksin dulu. Kalau vaksinnya sudah ada, maka tidak apa-apa," katanya lagi, yang dilansir AFP, Selasa (26/5/2020). "Jika tidak ada yang lulus, maka biarlah."

Meskipun para peneliti telah meluncurkan upaya global yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengembangkan vaksin dengan cepat, tidak jelas kapan kandidat vaksin yang layak akan terbukti dan didistribusikan dalam skala besar. (Baca: Covid-19 Mengganas, Ratusan Warga AS Malah Pesta Liar di Kolam Renang )

Proses belajar mengajar sekolah umum biasanya dari Juni hingga April di Filipina, tetapi pihak berwenang mendorong lebih awal karena kasus Covid-19 meningkat dan penguncian yang ketat membuat sekolah di sebagian besar wilayah terhenti.

Untuk mengurangi kepadatan kelas, kementerian pendidikan telah mengumumkan campuran langkah-langkah pembelajaran jarak jauh, termasuk kelas online, akan digunakan untuk tahun ajaran yang akan datang.

Jutaan orang hidup dalam kemiskinan yang parah di Filipina dan tidak memiliki akses ke komputer di rumah, yang akan menjadi kunci bagi kelangsungan kelas online.

Pandemi telah membuat anak-anak di seluruh dunia berada di rumah selama berbulan-bulan, tetapi kelas-kelas secara pribadi telah mulai dilanjutkan di beberapa negara termasuk Korea Selatan dan Prancis.

Jumlah kasus Covid-19 di Filipina mencapai lebih dari 14.300 pada hari Senin, termasuk 873 kematian.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1398 seconds (0.1#10.140)