'Gagal', Militer AS dan Norwegia Hentikan Eksperimen pada Ikan Paus

Selasa, 29 Juni 2021 - 18:56 WIB
loading...
A A A
Paus minke muncul di lepas pantai Nordland pada bulan Mei sebelum berenang di sepanjang kepulauan Lofoten dalam perjalanan ke Laut Barents. Di sinilah para ilmuwan bermaksud untuk menangkap paus. Di sini, kondisi alam terlihat sangat membantu, memungkinkan untuk menarik jaring di antara pulau-pulau kecil.

Eksperimen paus telah mendapat perhatian internasional. Sebuah petisi oleh 50 peneliti dari seluruh dunia mengumpulkan lebih dari 60.000 tanda tangan, meminta pihak berwenang Norwegia untuk menghentikan percobaan Lofoten.

Astrid Fuchs dari Whale & Dolphin Conservation Society menyatakan harapannya bahwa eksperimen itu akan sepenuhnya dibatalkan. Namun, Kvadsheim yang menyebut eksperimen ini berani,mengaku tidak sepenuhnya memahami protes tersebut.

"Ini benar-benar tidak dapat dipahami oleh kami. Mengapa organisasi kesejahteraan hewan yang bekerja untuk kepentingan terbaik hewan bertentangan dengan penelitian yang bertujuan untuk melindungi hewan," katanya.

Meski demikian diamengakui bahwa paus berada di bawah "tekanan tertentu" selama pengujian. Namun, ia memberanikan diri bahwa itu sebanding dengan manfaat dari memperoleh jenis pengetahuan ini.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)