Presiden Honduras Buka Kedubes di Yerusalem: 'Saya di Sini di Ibu Kota Abadi Israel'

Jum'at, 25 Juni 2021 - 11:36 WIB
loading...
Presiden Honduras Buka Kedubes di Yerusalem: Saya di Sini di Ibu Kota Abadi Israel
Presiden Honduras Juan Orlando Hernandez pidato di acara pembukaan kedutaan negaranya di Yerusalem pada hari Kamis (24/6/2021). Foto/Israel Hayom
A A A
YERUSALEM - Presiden Honduras Juan Orlando Hernandez tiba di Israel untuk membuka kedutaan negaranya di Yerusalem pada hari Kamis, menjadikannya negara Amerika Latin keempat yang yang melakukannya.

Dalam pidatonya, Hernandez membanggakan diri berada di Yerusalem yang dia sebut sebagai ibu kota abadi Israel. Pembukaan kedutaan itu dikecam Turki, yang menganggapnya sebagai pelanggaran hukum internasional.



Yerusalem telah menjadi wilayah yang diperebutkan oleh Israel dan Palestina. Israel menyatakan kota tua itu sebagai ibu kota abadinya tanpa terbagi. Namun, Palestina telah lama mendambakan Yerusalem Timur sebagai ibu kota masa depan mereka.

Hernandez berpidato di acara pembukaan kedutaan dan memuji dokter Miriam Adelson dan mendiang suaminya Sheldon Adelson atas pekerjaan mereka.

Berikut teks pidatonya secara lengkap yang dipublikasikan Israel Hayom, Jumat (25/6/2021).

Terima kasih banyak.

Perdana Menteri Naftali Bennett, terima kasih telah menghormati kami dengan kehadiran Anda hari ini.

Menteri Luar Negeri Yair Lapid, terima kasih atas semua dukungan Anda. Izinkan saya menyampaikan penghargaan saya untuk tim yang luar biasa di Kementerian Luar Negeri Israel yang telah bekerja sama dengan kami dengan senang hati. Juga izinkan saya mengakui duta besar Israel untuk Honduras, Eldad Golan yang ada di sini bersama kita hari ini. Dan Duta Besar Honduras di Yerusalem, Mario Castillo, dan Miguel Munoz. Dan terutama Menteri Luar Negeri kita Lisandro Rosales.

Tamu yang terhormat. Terima kasih semua.

Saya di sini hari ini di ibu kota abadi Israel untuk mengakui apa yang telah benar selama ribuan tahun dan yang ditemukan dalam kitab suci.

Saya di sini hari ini di ibu kota abadi Israel untuk meresmikan Kedutaan Besar Honduras di Yerusalem.

Seorang teman saya suka mengatakan bahwa kata "kebetulan" tidak dapat ditemukan di manapun di dalam Alkitab. Hebatnya, hari ini juga menandai peringatan 30 tahun ketika saya pertama kali datang ke Yerusalem pada tahun 1991. Saya berada di Israel atas undangan MASHAV. Tiga dekade lalu, Israel memilih saya untuk berpartisipasi dalam program pengembangan kepemimpinan mereka, sebuah pengalaman yang mengubah hidup saya dan yang ingin saya hormati hari ini.

Setelah saya menjabat sebagai Presiden pada tahun 2014, Honduras mengubah postur pemungutan suara PBB dan menjadi salah satu dari dua negara di Amerika Latin, dan salah satu dari lima di dunia, yang paling sering abstain dari resolusi yang ditentang oleh Israel.

Pada bulan Desember 2017, ketika PBB mengeluarkan resolusi yang menentang pemindahan kedutaan AS ke Yerusalem, Honduras adalah salah satu dari hanya 9 suara yang menentang resolusi itu. 128 negara memilih di sisi lain, melawan Israel.

Tahun berikutnya, ketika rotasi normal di PBB berarti bahwa Honduras akan menjadi presiden Majelis Umum PBB, blok anti-Israel mempromosikan pencalonan saingan. Honduras dikalahkan, dan itu dengan jumlah suara yang sama seperti melawan Israel pada resolusi Yerusalem, 128 suara. Apakah saya menyebutkan bahwa kata "kebetulan" tidak dapat ditemukan di manapun di dalam Alkitab?

Dalam beberapa hari terakhir, Honduras adalah salah satu dari sedikit negara yang, sekali lagi, memberikan suara menentang resolusi anti-Israel di Organisasi Kesehatan Dunia. Honduras juga merupakan salah satu negara pertama di Amerika Latin yang secara resmi menunjuk Hizbullah, tanpa kecuali, sebagai organisasi teroris.

Pada bulan Maret 2019, saya berbicara di konferensi AIPAC di Washington, di mana saya mengumumkan bahwa Honduras mengakui kota Yerusalem yang tidak terbagi sebagai ibu kota Israel, dan bahwa kami akan membuka kantor diplomatik resmi di Yerusalem, dan ini akan menjadi langkah pertama dalam proses dua langkah untuk mencapai puncaknya dalam pertukaran kedutaan penuh dan timbal balik yang akan berlokasi di ibu kota kedua negara. Saya menghargai dukungan dari para pemimpin di AIPAC, teman-teman saya Howard Kohr dan Betsy Bernskorn.

Beberapa bulan setelah itu, saya terbang ke Israel. Saya datang ke sini ke Yerusalem, dan pada 1 September 2019, kami membuka misi resmi Honduras di ibu kota Israel.

Setelah itu saya berbicara di depan konferensi Dewan Amerika Israel di Florida. Di sana, di depan Sheldon Adelson, semoga dia beristirahat dalam damai, dan Dr Miriam Adelson, dengan senang hati saya menyatakan bahwa Honduras telah melakukan apa yang dijanjikannya, dan hari itu saya mengumumkan bahwa kami siap untuk langkah berikutnya dan terakhir: pembukaan kedutaan besar Honduras di Yerusalem, diikuti, secara timbal balik, dengan pembukaan kembali kedutaan Israel di Tegucigalpa, yang telah ditutup beberapa tahun sebelumnya. Itulah yang kami lakukan di sini hari ini. Seperti yang kami janjikan.

Saya ingin mengakui bahwa bersama kami di sini hari ini adalah teman-teman saya Naty Saidoff, ketua IAC dan Shawn Evenhaim yang merupakan ketua IAC ketika saya membuat pengumuman.

Dan saya terutama ingin menyampaikan penghargaan kepada Dr Miriam Adelson yang dengan murah hati menyediakan penggunaan pesawat terbang yang indah karena dia ingin memungkinkan lebih banyak lagi pemimpin Honduras berada di sini hari ini, termasuk para pemimpin agama penting yang mewakili jutaan orang Honduras. Terima kasih, dan kami menghormati memori Sheldon Adelson.

Mengingat serangan mematikan yang diderita Israel tahun ini dan ancaman yang terus berlanjut, izinkan saya menegaskan kembali apa yang saya katakan di Dewan Amerika Israel: "Honduras mendukung Israel karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan". "Jika Israel tidak bertahan, maka umat manusia tidak akan bertahan."

Saya dapat mengatakan tanpa ragu bahwa persahabatan Honduras dengan Israel telah menjadi berkah bagi negara saya. Kerjasama teknis di bidang keamanan. Bantuan pemulihan darurat setelah tahun lalu kami dilanda dua badai yang sangat merusak. Awal tahun ini, donasi vaksin COVID19. Terima kasih, Israel.

Izinkan saya memberikan satu contoh dramatis:

Kerjasama teknis Israel dalam keamanan telah membantu Honduras menyelamatkan puluhan ribu nyawa. Sebelum saya terpilih sebagai Presiden, Honduras memiliki tingkat pembunuhan tertinggi di dunia. Kekerasan didorong oleh perdagangan narkoba karena lembaga-lembaga utama kita dimasuki oleh narkotika dan kejahatan terorganisir.

--Untuk membersihkannya, kami membersihkan hampir setengah dari kepolisian dan sebagian besar pejabat tinggi.

--Kami meluncurkan program ekstradisi yang tangguh dan kemitraan yang kuat dengan Administrasi Penegakan Narkoba AS dan pasukan antinarkotika SOUTHCOM.

--Apa hasilnya?

--Menurut statistik resmi AS, di bawah pemerintahan saya, Honduras mengurangi transit kokain menuju Amerika Utara hampir 95%. Ya, Anda mendengarnya dengan benar, kami memotong perdagangan narkoba melalui Honduras sebesar 95%, itu adalah data resmi pemerintah AS.

--Untuk melakukan ini, kami membubarkan kartel narkoba besar dengan mengirim puluhan pengedar narkoba ke tahanan AS. Banyak dari bandar narkoba ini menghadapi hukuman penjara seumur hidup di Amerika Serikat.

Sekarang, Israel tahu betul bahwa berita internasional tidak selalu akurat, dan itu menyakiti Israel. Hal yang sama dilakukan untuk Honduras.

Banyak narasi berita dramatis tentang negara saya sebenarnya menggambarkan apa yang ada sebelum pemerintah saya menghasilkan hasil transformatif ini, dan sering kali didasarkan pada kesaksian palsu dari raja obat bius yang kejam yang kami kalahkan, yang duduk di penjara AS dan mencari balas dendam.

Berita internasional membuatnya terdengar seperti Honduras masih merupakan negara yang sangat kejam. Tapi itu tidak lagi benar. Dengan mengalahkan raja obat bius, kami memotong tingkat pembunuhan lebih dari setengahnya, sebesar 60%. Dan itu telah menyelamatkan puluhan ribu nyawa.

Saat ini kota-kota besar kita lebih aman daripada berbagai kota besar di Amerika Serikat. Kami menghargai bantuan yang kami terima dari Israel.

Atas nama rakyat Honduras, saya di sini untuk mengucapkan, Terima kasih.

Jadi, saya mengundang Anda untuk datang ke Honduras. Datang sebagai turis. Datang untuk berinvestasi. Peluangnya bagus. Kopinya enak. Negara ini indah. Orang-orangnya ramah. Anda akan disambut dengan hangat.

***

Seperti yang Anda ketahui, ini adalah tahun pemilihan umum di Honduras.

Ini adalah keinginan tulus saya bahwa Presiden Honduras berikutnya, dari partai apa pun, akan mempertahankan dan membangun hubungan dekat dengan Israel. Kedutaan Besar Honduras di Yerusalem harus abadi, dan tidak terpengaruh oleh perubahan pemerintahan karena bendera Honduras di Yerusalem mewakili persahabatan yang tak terputus antara rakyat kedua negara kita.

Setelah saya meninggalkan kantor pada Januari 2022, saya akan terus menggunakan suara saya untuk mendukung Israel, baik di dalam Honduras maupun internasional.

Kita harus bekerja sama melawan anti-semitisme, yang sering ditampilkan sebagai anti-Zionisme. Dan kita harus menolak upaya untuk mengisolasi atau memboikot Israel, gerakan BDS, dan saya melihat apa yang bisa dilakukan.

Tetapi yang terpenting, saya sangat optimis, terutama tentang potensi besar di Amerika Latin untuk aliansi yang kuat dengan Israel. Meskipun ada gerakan politik di Amerika Latin yang menentang pembentukan atau pemeliharaan hubungan khusus dengan Israel, dan beberapa secara terbuka bermusuhan, mayoritas rakyat mencintai Israel dan ingin terus membangun dan memperdalam hubungan ini.

Dan Kedutaan Besar ini dan Presiden ini, bersama dengan rakyat Honduras berkomitmen untuk melakukan itu. Saat saya merenungkan hari ini pada tiga puluh tahun terakhir, saya melihat tidak ada batasan berapa banyak kebaikan yang dapat dicapai dalam tiga puluh tahun ke depan.

Terima kasih semuanya, dan Tuhan memberkati Anda.

Tuhan memberkati Israel, Tuhan memberkati Honduras, dan Tuhan memberkati Yerusalem.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)