AS Bagi 500 Juta Vaksin COVID, Ini Daftar Negara Penerimanya, Ada Indonesia

Selasa, 22 Juni 2021 - 13:58 WIB
loading...
AS Bagi 500 Juta Vaksin COVID, Ini Daftar Negara Penerimanya, Ada Indonesia
Warga mendapat suntikan vaksin COVID-19 di Amerika Serikat. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) telah mengumumkan proposal rencana alokasi untuk 25 juta dosis vaksin COVID-19 yang akan diberikan ke berbagai negara di penjuru dunia.

Rencana ini bagian dari janji 500 juta dosis vaksin yang akan disumbangkan AS untuk dunia. “Menunggu persetujuan hukum dan peraturan, Amerika Serikat berencana untuk mengirimkan 25 juta dosis tahap pertama kami,” ungkap pernyataan Gedung Putih awal bulan ini.

Menurut Gedung Putih, hampir 19 juta akan dibagikan melalui COVAX, dengan alokasi sebagai berikut. “Sekitar 6 juta untuk Amerika Selatan dan Tengah ke negara-negara berikut: Brasil, Argentina, Kolombia, Kosta Rika, Peru, Ekuador, Paraguay, Bolivia, Guatemala, El Salvador, Honduras, Panama, Haiti, dan negara-negara Komunitas Karibia (CARICOM) lainnya, serta Republik Dominika,” papar Gedung Putih.



“Sekitar 7 juta untuk Asia ke negara dan entitas berikut: India, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Sri Lanka, Afghanistan, Maladewa, Malaysia, Filipina, Vietnam, Indonesia, Thailand, Laos, Papua Nugini, Taiwan, dan Kepulauan Pasifik,” ungkap Gedung Putih.



Adapun sebanyak 5 juta dosis vaksin untuk Afrika akan dibagikan dengan negara-negara yang akan dipilih berkoordinasi dengan Uni Afrika.



“Sebanyak 6 juta akan ditargetkan untuk prioritas regional dan penerima mitra, termasuk Meksiko, Kanada, dan Republik Korea, Tepi Barat dan Gaza, Ukraina, Kosovo, Haiti, Georgia, Mesir, Yordania, India, Irak, dan Yaman, serta seperti untuk para pekerja garis depan PBB,” papar pernyataan Gedung Putih.

Presiden AS Joe Biden mengumumkan pada pertemuan G-7 di Inggris tentang rencana membeli 500 juta dosis vaksin virus corona Pfizer untuk disumbangkan ke negara-negara lain yang berjuang dengan pasokan terbatas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)