Peringati Ulang Tahun Suu Kyi, Demonstran Myanmar Selipkan Bunga di Rambut

Sabtu, 19 Juni 2021 - 16:10 WIB
loading...
A A A
Ucapan selamat dan dukungan tidak hanya datang dari warga Myanmar. Perdana Menteri Republik Ceko Andrej Babis mengirim ucapan selamat ulang tahun kepada Suu Kyi dari jauh.

"Saya berharap yang terbaik untuk kesehatan dan kekuatan Anda... Kami mendukung rakyat Burma," katanya.

Namun tidak semua peserta unjuk rasa bunga Myanmar memuji Suu Kyi.

"Saya terlibat dalam kampanye ini karena sekarang dia ditahan secara tidak adil oleh militer dan hak sipilnya dan kebebasannya ditolak," kata seorang aktivis berusia 35 tahun kepada AFP, menambahkan itu bukan dukungan pribadi.

"Setelah dia bebas dari penahanannya, dia harus bertanggung jawab penuh atas kebisuannya tentang penderitaan Rohingya dan kelompok etnis lainnya," tegasnya.

Reputasi internasional dari Peraih Hadiah Nobel Perdamaian itu rusak setelah dia membela militer Myanmar atas tuduhan genosida terhadap populasi etnis minoritas Rohingya di negara bagian Rakhine yang bermasalah pada tahun 2017.



Suu Kyi akan kembali ke pengadilan minggu depan dan telah dijerat dengan berbagai tuduhan kriminal, termasuk menerima pembayaran emas secara ilegal dan melanggar undang-undang rahasia negara era kolonial.

Dia diadili untuk penghasutan pada hari Selasa, tetapi wartawan dilarang mengamati proses persidangan.

Pemerintah terpilih Suu Kyi digulingkan dalam kudeta 1 Februari yang memicu aksi protes massa dan bentrokan antara militer dan tentara pemberontak etnis di daerah perbatasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)