PBB: Kekeringan Mungkin Jadi 'Pandemi' Berikutnya

Kamis, 17 Juni 2021 - 22:54 WIB
loading...
PBB: Kekeringan Mungkin Jadi Pandemi Berikutnya
Menurut PBB kekeringan akan menimbulkan kerusakan dalam skala untuk menyaingi pandemi Covid-19 dengan risiko yang berkembang pesat ketika suhu global meningkat. Foto/REUTERS
A A A
JENEWA - PBB menilai "pandemi" berikutnya mungkin bukanlah penyakit atau virus, melainkan kekeringan. Menurut PBB, kelangkaan air dan kekeringan akan menimbulkan kerusakan dalam skala untuk menyaingi pandemi Covid-19 dengan risiko yang berkembang pesat ketika suhu global meningkat.

"Kekeringan hampir menjadi pandemi berikutnya dan tidak ada vaksin untuk menyembuhkannya," kata Mami Mizutori, perwakilan khusus PBB untuk pengurangan risiko bencana.

Menurut laporan terbaru PBB, kekeringan telah memicu kerugian ekonomi setidaknya USD 124 miliar dan melanda lebih dari 1,5 miliar orang antara tahun 1998 dan 2017.

"Tetapi, bahkan angka-angka ini, kemungkinan besar di bawah perkiraan," ucap Mizutori, seperti dilansir Reuters pada Kamis (17/6/2021).

"Pemanasan global kini telah mengintensifkan kekeringan di Eropa selatan dan Afrika barat. Dan jumlah korban akan bertambah secara dramatis kecuali dunia bertindak," sambungnya.

Sekitar 130 negara dapat menghadapi risiko kekeringan yang lebih besar pada abad ini di bawah skenario emisi tinggi yang dikutip oleh PBB.

Mizutori mengatakan, 23 negara lainnya akan menghadapi kekurangan air karena pertumbuhan penduduk, dengan 38 negara terkena dampak keduanya.

Kekeringan, seperti virus, jelasnya, cenderung berlangsung lama, memiliki jangkauan geografis yang luas dan menyebabkan kerusakan besar.

"Ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi negara-negara yang sebenarnya tidak mengalami kekeringan melalui kerawanan pangan dan kenaikan harga pangan," ungkapnya.

PBB memperkirakan kekeringan yang lebih sering dan parah di sebagian besar Afrika, Amerika tengah dan selatan, Asia Tengah, Australia selatan, Eropa selatan, Meksiko dan Amerika Serikat.

Ibrahim Thiaw, sekretaris eksekutif Konvensi PBB untuk Memerangi Penggurunan, mengatakanbahwa tanah yang memburuk, sebagian disebabkan oleh pengelolaan lahan yang buruk, telah membawa dunia mendekati titik tidak bisa kembali.

PBB belum meneliti efek penggurunan terhadap migrasi internal di dalam benua, tetapi Thiaw mengatakan bahwa itu tidak lagi terpikirkan, bahkan di Eropa. "Ini tentu fenomena yang terjadi di belahan dunia lain dan mungkin juga terjadi di Eropa," katanya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2253 seconds (0.1#10.140)