Reaktor Nuklir Bocor, China Sebut Tingkat Radiasi Normal

Rabu, 16 Juni 2021 - 02:39 WIB
loading...
Reaktor Nuklir Bocor, China Sebut Tingkat Radiasi Normal
China sebut tingkat radiasi di pembangkit listrik tenaga nuklir Taishan normal menyusul laporan kebocoran reaktor nuklir. Foto/CNN
A A A
BEIJING - China mengatakan bahwa tingkat radiasi di sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Taishan normal. Hal ini menyusul laporan bahwa pemerintah Amerika Serikat (AS) sedang menilai kebocoran yang dilaporkan di fasilitas tersebut.

"Tidak ada kelainan di lingkungan radiasi di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir. Keamanannya terjamin," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian dalam jumpa pers di Beijing, seperti dikutip dari CNN, Rabu (16/6/2021).

Sebelumnya dilaporkan bahwa perusahaan Prancis yang membantu mengoperasikan pembangkit listrik tenaga nuklir di provinsi Guangdong selatan telah memperingatkan Washington tentang ancaman radiologi yang akan segera terjadi.

Peringatan itu termasuk tuduhan bahwa otoritas keamanan China menaikkan batas yang dapat diterima untuk deteksi radiasi di luar pabrik untuk menghindari penutupan, menurut surat dari perusahaan Prancis Framatome kepada Departemen Energi AS, yang diperoleh CNN.



Menanggapi laporan itu, Zhao mengatakan pabrik Taishan sepenuhnya sesuai dengan semua persyaratan teknis.

"China sangat mementingkan keselamatan nuklir dan telah membentuk sistem pengawasan keselamatan nuklir yang sejalan dengan standar internasional dan kondisi nasional," ujarnya.

"Pembangkit listrik tenaga nuklir China sampai sekarang telah mempertahankan catatan operasi yang baik. Tidak ada insiden yang mempengaruhi lingkungan dan kesehatan masyarakat," imbuhnya.

Namun, Zhao menolak untuk menjawab pertanyaan lanjutan mengenai bahasa Framatome dalam peringatannya kepada pejabat AS, khususnya, penggunaan istilah "ancaman radiologis segera", dan menduga pihak berwenang China telah menaikkan batas radiasi yang dapat diterima untuk pembangkit dan daerah sekitar.

Dalam sebuah pernyataan di situsnya hari Minggu, pemilik pabrik juga menyatakan bahwa pembacaan lingkungan untuk fasilitas dan daerah sekitarnya "normal."

"Kedua reaktor nuklir di Taishan sama-sama beroperasi," bunyi pernyataan itu, menambahkan bahwa Unit 2 baru-baru ini menyelesaikan renovasi dan berhasil terhubung ke jaringan pada 10 Juni 2021.

Namun pernyataan itu tidak menjelaskan mengapa atau bagaimana pabrik itu direnovasi.

Terlepas dari pemberitahuan yang mengkhawatirkan dari Framatome, yang sebagian besar dimiliki oleh perusahaan utilitas Prancis Electricite de France (EDF), pemerintahan Biden yakin fasilitas itu belum berada pada "tingkat krisis," kata seorang sumber kepada CNN.

Pejabat AS telah memantau situasi dan percaya bahwa saat ini tidak menimbulkan ancaman keselamatan yang parah bagi pekerja di pabrik atau publik China. Tetapi kekhawatiran itu cukup signifikan sehingga Dewan Keamanan Nasional mengadakan beberapa pertemuan minggu lalu.

Pemerintahan Biden telah membahas situasi tersebut dengan pemerintah Prancis dan para ahli mereka sendiri di Departemen Energi, kata beberapa sumber. AS juga telah melakukan kontak dengan pemerintah China, kata para pejabat AS, meskipun sejauh mana kontak itu tidak jelas.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)