Remaja yang Merekam Pembunuhan George Floyd Dapat Hadiah Khusus dari Pulitzer

Sabtu, 12 Juni 2021 - 05:32 WIB
loading...
Remaja yang Merekam Pembunuhan George Floyd Dapat Hadiah Khusus dari Pulitzer
Darnella Frazier, remaja yang merekam pembunuhan George Floyd, mendapat penghargaan khusus dari Pulitzer. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Dewan Hadiah Pulitzer memberikan penghormatan kepada Darnella Frazier, remaja yang merekam penangkapan berujung kematian George Floyd di Minneapolis dan memicu aksi protes Black Lives Matter . Sedangkan hadiah tahun ini tetap di kunci oleh media arus utama dan politik identitas.

Frazier, sekarang berusia 18 tahun, diberikan penghormatan karena dengan berani merekam pembunuhan George Floyd, sebuah video yang memicu protes terhadap kebrutalan polisi di seluruh dunia, menyoroti peran penting warga dalam pencarian jurnalis akan kebenaran dan keadilan, pada akhir upacara pengumuman pemenang Hadiah Pulitzer 2021.

Video Frazier menjadi bukti kunci di persidangan mantan perwira polisi Derek Chauvin, yang dihukum pada bulan April lalu karena membunuh Floyd. Frazier juga menyampaikan kesaksian emosional di persidangan itu.

Keputusan Pulitzer disambut baik American Civil Liberties Union cabang Minnesota yang menyebut Frazier "berani," dan mengatakan keberaniannya telah membantu memicu gerakan reformasi polisi.



Ada beberapa kejutan di antara para pemenang Pulitzer ke-105. Entri pemenang berfokus pada pandemi Covid-19, kerusuhan musim panas, atau politik ras. The New York Times menang dalam kategori Layanan Publik, untuk liputannya yang berani, cerdas, dan menyeluruh tentang pandemi virus Corona yang mengungkap ketidakadilan rasial dan ekonomi, kegagalan pemerintah di AS dan sekitarnya, serta mengisi kekosongan data, sehingga membantu pembaca menjadi lebih siap dan terlindungi.

Hadiah Explanatory Reporting dibagi antara The Atlantic, untuk serangkaian potongan yang jelas dan pasti yang mengantisipasi jalannya Covid-19 - dan Reuters, untuk penyelidikan kekebalan yang memenuhi syarat dari polisi AS.

Dewan Hadiah Pulitzer memindahkan nominasi BuzzFeed dari kategori ini ke Pelaporan Internasional, menghasilkan Pulitzer pertama outlet itu untuk liputannya tentang dugaan genosida Uighur di China.

"BuzzFeed menerbitkan serangkaian cerita yang jelas dan menarik yang menggunakan citra satelit dan keahlian arsitektur, serta wawancara dengan dua lusin mantan tahanan, untuk mengidentifikasi infrastruktur baru yang luas yang dibangun oleh pemerintah China untuk penahanan massal Muslim,” kata juri Pulitzer seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (12/6/2021).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)