Israel Siapkan Jet-jet Tempur Siluman F-35 untuk Serang Iran

Senin, 07 Juni 2021 - 07:21 WIB
loading...
Israel Siapkan Jet-jet Tempur Siluman F-35 untuk Serang Iran
Para pilot tempur Israel berpose di samping jet tempur siluman F-35 di sela-sela latihan tempur di Italia. Foto/Israel Defense Forces
A A A
ROMA - Militer Israel mengatakan jet-jet tempur siluman F-35 sedang dipersiapkan untuk menyerang atau melawan pasukan Iran .

Pesawat-pesawat canggih dan mahal itu telah tiba di Italia sejak pekan lalu untuk latihan tempur berskala besar selama dua minggu. Latihan tersebut melibatkan pihak tuan rumah, Amerika Serikat dan juga Inggris.



Rencana menghadapi Iran dengan F-35 itu disampaikan seorang perwira senior Angkatan Udara Israel (IAF) yang berbicara kepada Times of Israel dengan syarat anonim.

“Iran adalah fokus kami," katanya.

Hubungan Israel dan Iran tetap tegang. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah memperingatkan bahwa Tel Aviv dapat menggunakan tindakan sepihak untuk mencegah Teheran memperoleh senjata nuklir.

Republik Islam Iran, pada gilirannya, telah berulang kali mengatakan bahwa mereka belum mencari dan tidak akan pernah mencari senjata nuklir.



Jet-jet tempur F-35 Israel ambil bagian dalam latihan tempur udara Falcon Strike 2021. Ini adalah latihan terbesar dan terjauh yang diikuti oleh jet F-35 Israel hingga saat ini.

“Ini adalah latihan penting bagi Angkatan Udara untuk membawa F-35 lebih jauh,” kata seorang pejabat Angkatan Udara Israel yang menolak diidentifikasi, seperti dikutip The Jerusalem Post,Senin (7/6/2021).

“Latihan ini memiliki nilai besar dalam kemampuan kami untuk menyebarkan F-35 ke pangkalan-pangkalan terpencil dan memungkinkan kami untuk meningkatkan kinerja skuadron," ujarnya.

Selain F-35, Israel juga mengirimkan F-16A/B dan G550. Enam F-35 dari Israel bergabung dengan hampir 30 pesawat kelas sejenis dalam latihan tersebut.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2134 seconds (0.1#10.140)