Setelah 113 Hari Hanyut di Laut, Perahu Pengungsi Rohingya Mendarat di Aceh

Jum'at, 04 Juni 2021 - 23:01 WIB
loading...
A A A
Pihak berwenang India menyediakan makanan dan persediaan penting bagi para penyintas tetapi menolak membiarkan mereka menginjakkan kaki di pantai negara itu.

Bangladesh juga menolak masuk kembali pada 81 orang yang selamat tersebut.

Selama tiga bulan terakhir, badan-badan bantuan internasional dan anggota keluarga dari mereka yang berada di kapal telah berulang kali mengajukan permohonan ke India, Bangladesh, Myanmar, dan Malaysia untuk informasi tentang nasib para penyintas di perahu tersebut.

Dwi Prafitria, juru bicara Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi di Indonesia, mengatakan kepada Reuters bahwa para pengungsi saat ini tidak memiliki tempat tinggal karena menunggu koordinasi dengan pemerintah setempat.

Pihak berwenang di Indonesia, termasuk polisi setempat dan imigrasi, belum dapat dihubungi untuk dimintai komentar oleh Reuters pada Jumat.

Rohingya adalah kelompok minoritas, yang sebagian besar ditolak kewarganegaraannya oleh Myanmar yang mayoritas beragama Buddha. Myanmar menganggap Rohingya sebagai imigran ilegal dari Bangladesh.

Lebih dari 1 juta pengungsi Rohingya dari Myanmar tinggal di kamp-kamp yang padat di Bangladesh, termasuk puluhan ribu yang melarikan diri setelah militer Myanmar melakukan operasi mematikan pada 2017.

Para pedagang manusia sering memikat para pengungsi Rohingya, membujuk mereka bepergian dengan perahu reyot dengan janji bekerja di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2395 seconds (0.1#10.140)