Media China Klaim Barat Cemas dengan Kekuatan PKC

Jum'at, 04 Juni 2021 - 13:31 WIB
loading...
Media China Klaim Barat Cemas dengan Kekuatan PKC
Media China klaim Barat cemas dengan kekuatan PKC bertepatan dengan peringatan Tragedi Tiananmen. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Tepat pada peringatan 31 tahun aksi protes pro demokrasi di Lapangan Tiananmen, surat kabar yang dikelola pemerintah China menerbitkan editorial yang memuji kuatnya generasi kepemimpinan di pucuk pimpinan Partai Komunis China (PKC).

Editorial, yang diterbitkan sebagai prolog untuk serangkaian cerita yang dibangun hingga peringatan 100 tahun berdirinya Partai Komunis China pada bulan Juli, tidak secara eksplisit mengidentifikasi aksi protes tahun 1989. Aksi protes itu berujung dengan pertumpahan darah setelah tank-tank militer China masuk ke Lapangan Tiananmen di Beijing, menewaskan ribuan orang.

Sebaliknya, editor Global Times membuat referensi terselubung tentang dampak ideologi Barat pada akhir 1980-an dalam daftar panjang tantangan yang dihadapi Partai Komunis China. Daftar tersebut menceritakan peristiwa-peristiwa tertentu, mulai dari Perang Saudara China pada awal abad ke-20 hingga Revolusi Kebudayaan tahun 1960-an dan 1970-an.

“Hari ini, para ahli dan cendekiawan berusaha mencari tahu apa kunci Partai untuk mengatasi tantangan tersebut melalui pengambilan keputusan yang bijaksana dan koreksi diri, untuk mencegah keruntuhan dan kegagalan seperti partai komunis lainnya di beberapa negara bekas sosialis, dan membuat China negara yang kuat, sukses, dan percaya diri yang membuat Barat, yang dulunya memiliki keyakinan dan supremasi yang tak tergoyahkan, semakin cemas," tulis Global Times seperti dikutip dari Newsweek, Jumat (4/6/2021).

Dalam editorialnya, Global Times mengatakan bahwa para ahli sejarah Partai dan politik Tiongkok menyimpulkan bahwa Partai Komunis China selalu dapat mengatasi krisis tersebut dan menemukan arah jalan yang benar (karena) selalu dapat menemukan kepemimpinan intinya yang tepat dan kuat untuk memastikan kemenangan melawan musuh dan mewujudkan koreksi diri.



Pembantaian di Lapangan Tiananmen memicu gelombang kemarahan global dan hubungan dingin dengan AS yang telah memanas sejak tahun 1970-an. Ketika pandemi, yang berasal dari kota Wuhan, mulai melanda dunia pada April tahun lalu, para pemimpin China diminta untuk bersiap menghadapi serangan global ala Tiananmen, lapor Reuters.

Partai Komunis China telah lama menindak setiap penyebutan aksi protes dan pembunuhan tahun 1989 itu. Pihak berwenang memantau penduduk asli China yang kerabatnya meninggal dalam pembantaian tersebut. Menurut Associated Press, beberapa kerabat ditahan atau dipaksa untuk menjauh dari rumah mereka selama peringatan sehingga mereka tidak menarik perhatian publik.

Pejabat partai melarang peringatan publik di daratan. Pihak berwenang juga telah melarang peringatan tahunan di wilayah China di Hong Kong dan Makau, mengancam tindakan keras yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap siapa pun yang berani berpartisipasi. Para pemimpin partai juga baru-baru ini menutup museum Tiananmen di Hong Kong tiga hari setelah dibuka.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)