Setelah Perang Berdarah 11 Hari, Hamas Ajak Israel Tukar Tawanan

Selasa, 01 Juni 2021 - 13:54 WIB
loading...
A A A
"Kami membahas beberapa file, yang paling penting kebutuhan untuk mewajibkan pendudukan menghentikan agresinya di Gaza, Yerusalem, Sheikh Jarrah dan seluruh Palestina," kata Khalil al-Haya kepada wartawan.

Dia mengatakan Israel juga harus sepenuhnya mencabut blokade yang diberlakukannya. Gaza dikuasasi Hamas setelah merebut kekuasaan dari rival Palestina-nya, faksi Fatah, pada 2007.

“Jika ini terjadi, maka ketenangan dan stabilitas bisa kembali,” ujarnya.

Al-Haya mengesampingkan menghubungkan rekonstruksi Gaza dengan pembebasan Hamas atas Avera Mengistu dan Hisham al-Sayed, dua warga sipil Israel yang ditawan dan sisa-sisa jasad Oron Shaul dan Hadar Goldin, dua tentara yang tewas dalam perang 2014.

Sebaliknya, kelompok militan tersebut kemungkinan akan menuntut pembebasan sejumlah besar tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel.

Sinwar, pada hari Senin, mengisyaratkan bahwa Hamas menuntut pembebasan lebih dari 1.100 tahanan yang ditahan oleh Israel, lebih banyak dari jumlah yang dibebaskan dalam pertukaran tahun 2011 untuk tawanan tentara Israel Gilad Schalit.

Sinwar sendiri dibebaskan dari penjara Israel dalam pertukaran tawanan dengan Gilad Schalit.

Gencatan senjata yang ditengahi Mesir telah diadakan tetapi tidak membahas salah satu masalah mendasar dari konflik Israel-Palestina. Israel dan Hamas telah berperang empat kali sejak 2008.

Pada hari Minggu, pasukan Israel menembak seorang pria Palestina yang menyelinap ke negara itu dari Jalur Gaza dengan pisau. Militer mengonfirmasi insiden itu pada hari Senin tetapi tidak memberikan rincian tentang kondisinya.

Militer Zionis mengatakan tersangka membawa pisau dan menyusup ke perbatasan berpagar dekat Moshav Sde Avraham, beberapa kilometer dari wilayah pantai. Seorang penjaga keamanan mengatakan kepada media Israel pada hari Senin bahwa tersangka menikamnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2002 seconds (0.1#10.140)