Iron Dome Dibuat Superhero Israel, Justru Diledek sebagai Penjahat

Selasa, 01 Juni 2021 - 07:51 WIB
loading...
Iron Dome Dibuat Superhero Israel, Justru Diledek sebagai Penjahat
Tokoh karakter fiksi superhero Iron Dome untuk menarasikan sistem pertahanan rudal Iron Dome sebagai pahlawan Israel. Foto/Twitter @StandWithUs
A A A
TEL AVIV - Sebuah kelompok Amerika Serikat (AS) pro-Israel mempromosikan tokoh kartun bernama Iron Dome sebagai superhero Israel. Alih-alih dipuji, karakteranimasi itu justru diledek dan dicap sebagai penjahat apartheid.

Kelompok Stand With Us yang berbasis di Amerika berbagi tweet gambar seorang pria terbang atletis mengenakan spandex putih-biru dengan logo Bintang Daud di dadanya dan wajah menyeringai.



"Superhero baru Israel...pelindung/pembela Israel. Kami menyukainya!," tulis kelompok itu via akun Twitter-nya @StandWithUs dengan menampilkan tokoh Iron Dome.

Iron Dome yang dijadikan nama tokoh superhero itu sebenarnya adalah sistem pertahanan rudal dengan nama yang sama.

Sistem itu diklaim berhasil mencegat 90 persen dari 3.000 lebih roket dan rudal yang ditembakkan kelompok Hamas dan Jihad Islam Palestina (PIJ) yang bermarkas di Gaza, Palestina.

Dalam perang berdarah 11 hari lalu, beberapa roket dan rudal asal Gaza berhasil lolos dari intersepsi Iron Dome yang menyebabkan 13 orang di Israel tewas dan beberapa bangunan serta sejumlah mobil hancur terbakar.

Pencipta karakter tokoh superhero tersebut adalah aktris Israel, Sarai Givati. Ide itu muncul selama konflik terbaru untuk memberi tahu anak-anaknya bahwa ledakan keras yang mereka dengar disebabkan oleh superhero Iron Dome yang mencegat rudal yang masuk. Sedangkan pembuat karya itu adalah seniman komik Yehuda Devir dan istrinya; Maya Devir.



Banyak ejekan sinis bermunculan setelah karakter superhero itu dipromosikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)