Kapal Perang AS Gagal Cegat Rudal Balistik Jarak Menengah

Senin, 31 Mei 2021 - 08:46 WIB
loading...
Kapal Perang AS Gagal Cegat Rudal Balistik Jarak Menengah
Sebuah kapal perang AS menembakkan sebuah rudal SM-6 dalam uji coba. Foto/MDA
A A A
WASHINGTON - Sebuah kapal perang Amerika Serikat (AS) gagal mencegat rudal balistik jarak menengah yang jadi target dalam sebuah uji coba.

Insiden kegagalan itu berlangsung hari Sabtu pekan lalu.



“Tujuan dari uji coba ini adalah untuk mendemonstrasikan kemampuan kapal Aegis yang dikonfigurasi dengan pertahanan rudal balistik (BMD) untuk mendeteksi, melacak, menyerang dan mencegat target rudal balistik jarak menengah dengan salvo dua rudal Standard Missile-6 Dual II," kata Badan Pertahanan Rudal (MDA) Pentagon dalam sebuah pernyataan.

"Namun, intersepsi tidak tercapai," lanjut pernyataan itu yang dilansir The Hill, Senin (31/5/2021).

MDA tidak mengungkapkan di mana uji coba itu dilakukan, atau menawarkan rincian tambahan tentang insiden kegagalan tersebut. Badan itu juga tidak mengungkap nama kapal perang yang melakukan uji coba intersepsi rudal.

MDA mengatakan pejabat program meluncurkan "tinjauan ekstensif" untuk menemukan penyebab masalah yang menggagalkan intersepsi rudal yang jadi target tersebut.



Badan tersebut lebih lanjut mengatakan pejabat program akan menganalisis hasil secara menyeluruh.

MDA, sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan, secara teratur melakukan tes pertahanan rudal. Badan tersebut di masa lalu telah melakukan tes intersepsi yang sukses menggunakan jenis rudal SM-6.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)