China pada AS: Politisasi Asal-usul Covid-19 Ganggu Proses Investigasi

Kamis, 27 Mei 2021 - 20:36 WIB
loading...
China pada AS: Politisasi Asal-usul Covid-19 Ganggu Proses Investigasi
Kedutaan Besar China di AS sebut mempolitisasi asal-usul Covid-19 akan menghambat penyelidikan lebih lanjut dan merusak upaya global untuk mengekang pandemi. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Mempolitisasi asal-usul Covid-19 akan menghambat penyelidikan lebih lanjut dan merusak upaya global untuk mengekang pandemi. Hal itu diungkapkan Kedutaan Besar China di Amerika Serikat (AS) , setelah Presiden Joe Biden memerintahkan peninjauan intelijen tentang di mana virus itu muncul.

Kedutaan Besar China di Washington mengatakan bahwa beberapa kekuatan politik telah terpaku pada manipulasi politik dan permainan menyalahkan.

"Kami mendukung studi komprehensif dari semua kasus awal Covid-19 yang ditemukan di seluruh dunia dan penyelidikan menyeluruh ke beberapa pangkalan rahasia dan laboratorium biologis di seluruh dunia," ucapnya, seperti dilansir Channel News Asia pada Kamis (27/5/2021).

Seperti diketahui, Biden memerintahkan pejabat intelijen "melipatgandakan" upaya menyelidiki asal-usul Covid-19, termasuk teori virus itu berasal dari laboratorium diChina.

Dia mengatakan, komunitas intelijen AS terpecah, apakah itu akibat kecelakaan laboratorium, atau muncul dari kontak manusia dengan hewan yang terinfeksi. Biden meminta kelompok intelijen melapor kembali kepadanya dalam waktu 90 hari.

Perintah ini datang setelah Wall Street Journal melaporkan bahwa tiga karyawan Institut Virologi Wuhan jatuh sakit parah, tepat sebelum wabah Covid-19.

WSJ melaporkan, mengutip data intelijen, bahwa tiga karyawan lab Wuhan sangat sakit, pada November 2019, sehingga mereka harus mencari bantuan medis, yang menurut surat kabar tersebut, harus mendukung hipotesis bahwa virus bisa saja berasal dari China.

Menurut Yanzhong Huang, rekan senior untuk kesehatan global di Council on Foreign Relations di Washington, mengatakan kurangnya keterbukaan China adalah faktor utama di balik kebangkitan teori kebocoran laboratorium.

"Tidak ada yang benar-benar baru di sana untuk membuktikan hipotesis tersebut. Dalam penyelidikan asal muasal pandemi, sangat penting memiliki transparansi untuk membangun kepercayaan pada hasil penyelidikan," ujarnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)