Assad: Kritik Barat Terhadap Pemilu Suriah 'Nol Besar'

Kamis, 27 Mei 2021 - 15:56 WIB
loading...
Assad: Kritik Barat Terhadap Pemilu Suriah Nol Besar
Presiden Suriah, Bashar al-Assad mengatakan kritik Barat terhadap pemilihan presiden (pilpres) memiliki nilai nol. Foto/REUTERS
A A A
DAMASKUS - Presiden Suriah , Bashar al-Assad mengatakan kritik Barat terhadap pemilihan presiden (pilpres) memiliki "nilai nol". Suriah sendiri telah menggelar pilpres kemarin.

Pemungutan suara hanya diadakan di wilayah yang dikendalikan pemerintah dan Amerika Serikat (AS) serta Uni Eropa (UE) mengatakan pemilihan itu tidak bebas dan tidak adil.

"Pemilu curang ini tidak mewakili kemajuan apa pun menuju penyelesaian politik," kata AS dan UE dalam pernyataan bersama.

Assad dan istrinya, Asma, memberikan suara mereka di pinggiran kota Douma, benteng utama pemberontak sebelum direbut kembali oleh pasukan pemerintah pada 2018.

Pasca memberikan suara, Assad mengomentari kritik AS dan UE. Dia menyatakan bahwa pendapat keduanya tidak memiliki nilai. bahwa pendapat keduanya tidak memiliki nilai.

"Saya mengutuk kritik dari negara-negara Barat, yang sebagian besar memiliki sejarah kolonial yang dalam. Sebagai negara, kami tidak menerima perilaku ini," kata Assad, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (27/5/2021).

Pemungutan suara tersebut adalah pemilihan kedua sejak dimulainya perang saudara, yang sudah berlangsung selama satu dekade, yang telah menewaskan lebih dari 388.000 orang dan membuat setengah dari populasi sebelum perang mengungsi.

Dengan lawan politik yang berada di luar negeri dilarang untuk maju dan tidak ada pemungutan suara di sebagian besar wilayah di luar kendali pemerintah, Assad menghadapi dua penantang yang hampir tidak dikenal.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)