Seminggu, Dua Penjaga Bonbin di China Tewas Diserang Harimau

Rabu, 26 Mei 2021 - 15:25 WIB
loading...
Seminggu, Dua Penjaga Bonbin di China Tewas Diserang Harimau
Dua penjaga kebun binatang (bonbin) di China tewas di serang harimau dalam dua serangan terpisah. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Dua penjaga kebun binatang tewas dibunuh oleh harimau dalam dua serangan terpisah di China pada minggu ini. Demikian laporan media pemerintah China.

Insiden pertama terjadi pada Minggu lalu. Seorang penjata berusia 55 tahun bermarga Yang diserang hingga tewas oleh harimau saat dia membersihkan kandangnya di sebuah kebun binatang di provinsi Anhui timur, lapor media pemerintah.

"Yang telah menjadi pawang harimau di Kebun Binatang Zhanggongshan di Bengbu selama hampir dua dekade," lapor surat kabar Global Times yang dikelola pemerintah China, dinukil CNN, Rabu (26/5/2021).



Serangan kucing besar itu terjadi pada hari Selasa kemarin. Polisi terpaksa menembak mati dua harimau setelah menyerang seorang penjaga kebun binatang selama waktu makan dan melarikan diri dari kandang mereka di sebuah taman di provinsi Henan tengah. Penjaga, bermarga Jia, dirawat di rumah sakit dan kemudian meninggal karena luka-lukanya.

"Pihak berwenang di Danjiang Peacock Valley, Kabupaten Xichuan, mengevakuasi para tamu dan staf sementara polisi dan pekerja kehutanan dipanggil ke tempat kejadian," lapor stasiun televisi negara CCTV, mengutip pemberitahuan pemerintah setempat.

"Upaya untuk membius atau menjebak hewan tidak berhasil. Khawatir harimau akan berhasil masuk ke hutan lebat di dekat taman, di mana mereka dapat menimbulkan bahaya bagi penduduk setempat, polisi memutuskan untuk menembak mereka," kata pejabat kepada penyiar.



Menurut Beijing News yang dikelola pemerintah, harimau-harimau itu dipinjamkan dari sebuah sirkus di Suzhou, provinsi Anhui, lebih dari 600 kilometer jauhnya, dan telah disewa untuk pertunjukan di taman Henan. Pejabat di Suzhou mengatakan penggunaan harimau untuk pertunjukan telah dilarang sejak 2018, dan tidak ada lisensi yang disetujui untuk pengangkutan atau penggunaannya, surat kabar itu melaporkan, menambahkan akan dilakukan penyelidikan atas insiden tersebut.

Pihak berwenang di Xichuan juga menyelidiki Danjiang Peacock Valley dan telah memerintahkan tempat bisnis tersebut untuk menghentikan operasi, CCTV melaporkan.

Serangan harimau juga terjadi beberapa minggu setelah tiga macan tutul melarikan diri dari sebuah taman di Hangzhou - yang lalai memberi tahu penduduk setempat selama seminggu. Dua dari macan tutul itu ditangkap tetapi satu masih lepas, diduga mati.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1409 seconds (0.1#10.140)