Pastikan Gencatan Senjata Gaza Bertahan, Blinken Sambangi Israel dan Palestina

Selasa, 25 Mei 2021 - 20:41 WIB
loading...
Pastikan Gencatan Senjata Gaza Bertahan, Blinken Sambangi Israel dan Palestina
Kunjungan Blinken ke Timur Tengah dimaksudkan untuk memastikan gencatan senjata dengan Hamas bertahan dan membantu mempercepat arus bantuan kemanusiaan ke Gaza. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken dilaporkan telah memulai kunjungan Timur Tengah. Blinken mengawali kunjungannya ke wilayah tersebut dengan menyambangi Israel.

Kunjungan ke Israel dan kemudian direncanakan ke Palestina, dimaksudkan untuk memastikan gencatan senjata dengan Hamas bertahan dan membantu mempercepat arus bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Menurut seorang pejabat Kementerian Luar Negeri AS, setelah menyambangi Tel Aviv, Blinken akan mengunjungi Ramallah di Tepi Barat yang diduduki. Lalu dia akan melanjutkan kunjungan ke Kairo, Mesir dan Amman, Yordania.

"Fokus utama kami adalah mempertahankan gencatan senjata, mendapatkan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkannya," ucap pejabat itu yang berbicara dalam kondisi anonim, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (25/5/2021).

Dalam kunjunganya ke Tel Aviv, Blinken dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan beberapa pejabat Israel lainnya. Sementara itu, dalam kunjunganya ke Ramallah, Blinken dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas.

Presiden AS, Joe Biden sebelumnya mengatakan, solusi dua negara adalah satu-satunya jawaban untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina, dan menjanjikan paket bantuan besar untuk membantu membangun kembali Gaza.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)