Polisi Israel Kawal Pemukim Yahudi Kunjungi Kompleks Al Aqsa di Yerusalem

Selasa, 25 Mei 2021 - 07:31 WIB
loading...
Polisi Israel Kawal Pemukim Yahudi Kunjungi Kompleks Al Aqsa di Yerusalem
Polisi Israel dan warga Palestina bentrok di kompleks Masjid Al Aqsa. Foto/REUTERS
A A A
YERUSALEM - Polisi Israel mengawal sekitar 50 pemukim Yahudi ke kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem. Informasi itu diungkapkan otoritas Islam, Waqf, yang mengawasi tempat tersebut.

Kompleks Al Aqsa menjadi tempat saat para polisi Israel melancarkan serangan pada jamaah Muslim yang sedang beribadah di hari terakhir Ramadhan. Kekerasan itu memicu perang terbaru antara pejuang Gaza dan pasukan Israel.

“Polisi (Israel) membersihkan pemuda Palestina dari kompleks Masjid al-Aqsa dan melarang masuk Muslim di bawah usia 45 tahun. Muslim yang masuk diminta untuk meninggalkan ID mereka pada polisi di pintu masuk. Dikatakan tiga Muslim ditangkap, termasuk seorang penjaga,” ungkap pernyataan Waqf.



Juru bicara polisi Israel Micky Rosenfeld mengatakan tempat itu terbuka untuk "kunjungan rutin" dan polisi telah mengamankan daerah itu untuk mencegah "insiden," tanpa menjelaskan lebih lanjut.



Polisi Israel sempat bentrok dengan jamaah Palestina setelah salat Jumat dalam ujian awal gencatan senjata, yang berlaku beberapa jam sebelumnya.



Waqf mengatakan pada Minggu bahwa itu adalah pertama kalinya orang Yahudi diizinkan mengunjungi kompleks Al Aqsa itu sejak 4 Mei, sepekan sebelum kekerasan meletus.

Masjid al-Aqsa adalah tempat tersuci ketiga bagi umat Islam. Masjid itu terletak di puncak bukit yang luas di Kota Tua Yerusalem yang dihormati orang-orang Yahudi sebagai situs tersuci mereka karena itu adalah lokasi kuil-kuil alkitabiah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)