Aksi Bela Palestina, Ribuan Orang Penuhi Jalanan Kota-kota di Prancis

Minggu, 23 Mei 2021 - 23:04 WIB
loading...
Aksi Bela Palestina, Ribuan Orang Penuhi Jalanan Kota-kota di Prancis
Ribuan orang memenuhi jalan Paris dan kota-kota lain di Prancis untuk mendukung warga Palestina setelah konflik 11 hari dengan Israel. Foto/REUTERS
A A A
PARIS - Ribuan orang memenuhi jalan Paris dan kota-kota lain di Prancis untuk mendukung warga Palestina setelah konflik 11 hari dengan Israel yang menewaskan lebih dari 260 orang di kedua sisi. Para demonstran menilai gencatan senjata tidak cukup.

"Gencatan senjata tidak menyelesaikan pertanyaan. Pertarungan ini menyangkut semua orang yang terikat pada nilai-nilai keadilan, martabat dan hukum," kata Bertrand Heilbronn, Presiden Asosiasi Solidaritas Palestina-Prancis yang mengorganisir unjuk rasa di Paris dan kota lainnya.

Melansir Channel News Asia pada Minggu (23/5/2021), para demonstran di Paris meneriakkan slogan-slogan seperti "Palestina akan hidup, Palestina akan menang", "pembunuh Israel, kaki tangan Macron" dan "Kami semua adalah orang Palestina".

Serikat buruh CGT mengatakan hingga 4.000 orang menghadiri aksi demonstrasi di Paris.
"Sekalipun pemboman telah berakhir, penjajah masih di sana. Penduduk Sheikh Jarrah masih menghadapi ancaman pengusiran dan Jalur Gaza diblokade," kata Wael, salah seorang demonstran berusia 28 tahun.

Aksi demonstrasi lainnya diadakan di kota Strasbourg di Prancis timur, Lille utara dan Toulouse serta Montpellier di selatan Prancis.
"Warga Palestina memiliki hak untuk hidup damai dan bernegara. Israel telah merampas hak dan rumah kami. Saya orang Palestina tetapi saya tidak lagi memiliki hak untuk pergi ke sana, keluarga saya telah kehilangan segalanya," kata Imad Deaibis di Strasbourg.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1796 seconds (0.1#10.140)