Pandemi Covid-19 Tekan Angka Kriminalitas di Dunia

Senin, 20 April 2020 - 06:10 WIB
loading...
Pandemi Covid-19 Tekan Angka Kriminalitas di Dunia
Ilustrasi
A A A
CHICAGO - Pandemi Covid-19 ternyata membuat dunia sedikit lebih aman dari sebelum wabah terjadi. Angka kriminilitas di seluruh dunia dilaporkan mengalami penurunan di saat pemerintah negara-negara menerapkan kebijakan ketat untuk menghalau penyebaran lebih lanjut Covid-19.

Di Chicago, salah satu kota paling kejam di Amerika Serikat (AS), penangkapan terkait kasus narkoba merosot 42 persen sejak kota itu mengalami penguncian, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Alasan dari penurunan itu, menurut beberapa pengacara kriminal, adalah bahwa pengedar narkoba tidak punya pilihan selain menunggu.

"Umpan balik yang saya dapatkan adalah mereka tidak dapat bergerak, untuk menjual apa pun di mana saja," kata Joseph Lopez, seorang pengacara kriminal di Chicago, seperti dilansir Al Arabiya.

Secara keseluruhan, kejahatan Chicago menurun 10 persen setelah pandemi melanda, sebuah tren yang terjadi secara global ketika kota-kota melaporkan penurunan kriminal yang mencengangkan sejak langkah-langkah diberlakukan untuk memperlambat penyebaran virus.

Rodney Phillips, seorang mantan anggota geng di Chicago yang sekarang bekerja sebagai mediator konflik mengatakan, sementara penangkapan sedang menurun, penjualan narkoba terus berlanjut, dengan para pedagang kemungkinan dipaksa untuk mengubah strategi mereka.

"Orang-orang ini sudah menghadapi kemiskinan dan kematian di daerah-daerah ini. Mereka mungkin menjual lebih banyak secara online sekarang. Tetapi, mereka tidak akan menyerah hanya karena virus Corona," ucapnya.

Pusat penyebaran virus d AS, yakni New York, yang menyaksikan kejahatan besar seperti pembunuhan, pemerkosaan, perampokan, perampokan, penyerangan, pencurian besar dan pencurian mobil, angka kejahatan berkurang 12 persen dari Februari hingga Maret.

Bahkan di antara daerah yang memiliki tingkat kekerasan tertinggi di luar zona perang, lebih sedikit orang terbunuh dan lebih sedikit perampokan terjadi. Di seluruh Amerika Latin, kejahatan turun ke level yang tak terlihat dalam beberapa dekade.

"Aksi pembunuhan sedang turun, dan para gangster itu tidak banyak melecehkan. Saya pikir mereka takut terkena virus, dan mereka tidak akan keluar," kata Eduardo Perdomo, seorang pekerja konstruksi berusia 47 tahun di San Salvador.

El Salvador melaporkan rata-rata dua pembunuhan dalam sehari pada bulan lalu, turun dari angka tertingginya yakni 600 dalam sehari beberapa tahun lalu. Sebagian besar penurunan terjadi karena kebijakan keamanan yang lebih ketat dan gencatan senjata antar geng.

Di Afrika Selatan, polisi melaporkan penurunan yang menakjubkan selama minggu pertama tindakan penguncian. Menteri Kepolisian Afrika Selatan, Bheki Cele mengatakan angka perkosaan turun dari 700 menjadi 101 selama periode yang sama tahun lalu. Kasus-kasus serangan serius merosot dari 2.673 menjadi 456 dan pembunuhan turun dari 326 menjadi 94.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0998 seconds (0.1#10.140)