Rusia Buat Kapal Perang Siluman Berteknologi Tinggi dengan Cat Khusus

loading...
Rusia Buat Kapal Perang Siluman Berteknologi Tinggi dengan Cat Khusus
Rusia dilaporkan membuat kapal siluman canggih berteknologi tinggi dengan cat khusus. Foto/Ilustrasi
MOSKOW - Angkatan Laut Rusia , yang sudah menjadi salah satu yang terbesar di dunia, telah bekerja untuk menyamarkan kapal perangnya dari pengintaian dengan berbagai inovasi teknologi tinggi termasuk antena tersembunyi dan cat khusus.

Hal itu diungkapkan pakar perangkat keras militer Vladimir Pospelov. Anggota Komisi Industri-Militer Rusia itu mengatakan bahwa produsen kapal militer Rusia menggunakan berbagai alat untuk mencoba melindungi kapal mereka dari deteksi radar, yang sangat penting jika mereka diserang dari senjata yang ditargetkan dan torpedo berpemandu.

"Kapal bukanlah jarum," katanya. “Kemampuan pengintaian satelit dan udara memungkinkan untuk mendeteksi kapal apa pun," ujar kepada RIA Novosti dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Selasa.



"Segera setelah perangkat pemancar sinyal dihidupkan, itu akan terdeteksi melalui pengintaian elektronik," tambah Pospelov, yang juga bertugas di Dewan Maritim seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Belarusia: NATO Tampaknya Latihan Serangan Terhadap Rusia dan Kami

Namun, dia menetapkan sejumlah cara di mana kapal baru memanfaatkan perkembangan teknologi untuk meminimalkan sidik jari fisik dan elektronik mereka. Membahas generasi baru kapal siluman, dia mengatakan bahwa versi sebelumnya dari kapal perusak dan kapal penjelajah rudal menyerupai landak, bertabur puluhan antena.

"Untuk korvet, kami sekarang telah beralih ke tiang terintegrasi, yang berarti bahwa semua array disembunyikan di dalam cangkangnya," ungkapnya.

“Cara lain untuk mengurangi ciri khas kapal permukaan adalah penggunaan material komposit serta cat dan pernis khusus,” imbuhnya.

Sejumlah penyelesaian berbeda dapat diterapkan pada kapal dan pesawat tempur angkatan laut untuk menyerap gelombang radar pada frekuensi tertentu, secara efektif melindungi mereka agar tidak ditangkap oleh pertahanan udara musuh.

Baca juga: UE Minta Rusia Revisi Keputusan Soal Daftar Negara Tidak Bersahabat



Pospelov juga mengatakan bahwa, pada tahun 2030-an, Rusia seharusnya telah menyelesaikan pekerjaan pada kelompok baru kapal selam nuklir generasi keempat, serta menugaskan dua korvet yang dimodernisasi.

"Peningkatan yang ada telah diselesaikan untuk menambah jumlah peluncur setidaknya pada satu fregat," ujarnya.

Bulan lalu, Rusia telah memerintahkan para pelautnya untuk memulai latihan skala besar di Laut Hitam, ketika kapal perang Inggris berlayar ke wilayah yang bergejolak sebagai bagian dari meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Barat.

Baca juga: Rusia Akan Uji Peluncuran Rudal Setan 2, Misil yang Bisa Lenyapkan Seluruh Inggris
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top