Belasan Gajah Liar Asia di India Mati Tersambar Petir

Sabtu, 15 Mei 2021 - 02:09 WIB
loading...
Belasan Gajah Liar Asia di India Mati Tersambar Petir
Sebanyak 18 ekor gajah liar Asia mati tersambar petir di India. Foto/9News
A A A
GAUHATI - Petir diyakini telah membunuh kawanan gajah liar Asia yang berjumlah 18 ekor di wilayah terpencil timur laut India . Hal itu diungkapkan seorang pejabat kehutanan setempat.

"Gajah-gajah itu, termasuk lima anak gajah, ditemukan mati saat hujan di hutan lindung Kondali," kata pejabat satwa liar Jayanta Goswami seperti dikutip dari AP, Sabtu (15/5/2021).

Penjaga hutan mencapai daerah terpencil pada Kamis dan menemukan 14 gajah mati di atas bukit dan empat di bawahnya.



Laporan awal oleh dokter hewan mengatakan gajah disambar petir, tetapi Goswami mengatakan otopsi sedang dilakukan untuk memastikan penyebab pasti kematian para gajah itu.

Cagar alam ini berada di distrik Nagaon negara bagian Assam, 150 kilometer di timur Gauhati, ibu kota negara bagian. Assam adalah rumah bagi sekitar 6.000 atau lebih gajah Asia liar yang terus-menerus keluar dari hutan untuk mencari makanan.

Para konservasionis telah mendesak pemerintah India untuk mencegah perambahan manusia dan untuk membuat koridor bebas bagi gajah untuk berpindah di antara hutan dengan aman. Dalam beberapa tahun terakhir, gajah liar telah memasuki desa, merusak tanaman, dan bahkan membunuh manusia.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1349 seconds (0.1#10.140)