Berpotensi Terjadi Kejahatan Perang, ICC Pantau Perang Sengit Hamas-Israel

loading...
Berpotensi Terjadi Kejahatan Perang, ICC Pantau Perang Sengit Hamas-Israel
Jaksa ICC pantau perang sengit Hamas-Israel. Foto/Business Insider
DEN HAAG - Jaksa tertinggi Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengatakan dia mengawasi perkembangan di Tepi Barat, Yerusalem Timur, dan Gaza, ketika pasukan Israel dan kelompok Hamas terlibat dalam bentrokan mematikan dan serangan balasan.

Dalam sebuah tweet pada hari Rabu (12/5/2021), kepala jaksa ICC , Fatou Bensouda, mengatakan dia prihatin dengan perkembangan di wilayah tersebut.

"Saya mencatat dengan sangat prihatin akan eskalasi kekerasan di Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, serta di dalam dan sekitar Gaza, dan kemungkinan kejahatan berdasarkan Statuta Roma," cuit jaksa penuntut ICC itu.



"Kantor saya akan terus memantau perkembangan di lapangan dan akan memperhitungkan masalah apa pun yang berada dalam yurisdiksinya," imbuhnya seperti dikutip dari Russia Today.

Baca juga: Rezim Zionis: ICC Tak Berwenang Selidiki Israel soal Kejahatan Perang

Bensouda mengatakan dia menggemakan seruan dari komunitas internasional untuk meredakan situasi, mendesak kedua belah pihak untuk tenang dan menahan diri.

Sejak akhir pekan, kekacauan telah pecah di Israel dan Palestina , dengan bentrokan antara penegak hukum Israel dan Palestina meningkat secara dramatis. Situasi semakin panas setelah Hamas menembakkan roket ke Israel yang dibalas dengan serangan udara. Sedikitnya 35 orang tewas di Gaza dan lima di Israel.

Baca juga: Roket Gaza Sudah Membunuh 5 Warga Israel, Zionis Kerahkan 5.000 Tentara Cadangan

Pada hari Rabu, Israel mengumumkan keadaan darurat di pusat kota Lod, ketika orang-orang Arab Israel melakukan kerusuhan di tengah konflik yang semakin meningkat.

Pada bulan Maret, Bensouda mengumumkan bahwa ICC membuka penyelidikan atas kemungkinan kejahatan perang yang dilakukan di wilayah Palestina sejak Juni 2014. Langkah tersebut, yang disambut baik oleh Otoritas Palestina, dilakukan setelah pengadilan di Den Haag memutuskan pada bulan Februari bahwa badan itu memiliki yurisdiksi untuk menyelidiki kejahatan serius di wilayah Palestina.



Baca juga: ICC Tegaskan Punya Yurisdiksi Selidiki Kejahatan di Tepi Barat dan Gaza
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top