Diduga Terinfeksi Covid-19, Pemimpin Muslim Chechnya Dirawat di RS

Jum'at, 22 Mei 2020 - 12:03 WIB
loading...
Diduga Terinfeksi Covid-19, Pemimpin Muslim Chechnya Dirawat di RS
Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov. Foto/Sputnik/Sergey Guneev
A A A
MOSKOW - Ramzan Kadyrov, pemimpin Muslim wilayah Chechnya, Rusia, dirawat di rumah sakit (RS) di Moskow pada Kamis. Dia diduga terinfeksi virus corona baru penyebab penyakit Covid-19.

"Ramzan Kadyrov dibawa dengan pesawat ke Moskow dengan dugaan kasus virus corona. Sekarang (dia) di bawah pengawasan medis," tulis kantor berita negara Rusia, TASS, mengutip sumber medis yang mengatakan Kadyrov dalam kondisi stabil.

Kantor berita RIA Novosti juga mengutip sumber medis yang mengatakan bahwa Kadyrov, 43, berada di rumah sakit di Moskow. Laporan serupa diterbitkan Interfax.

Jika dikonfirmasi bahwa dia terinfeksi Covid-19, maka Kadyrov akan menjadi pejabat senior Rusia terbaru yang tertular virus corona SARS-Cov-2 setelah Perdana Menteri Mikhail Mishustin, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov dan beberapa menteri Rusia.

Belum ada komentar langsung dari pejabat di Chechnya atau pun Moskow tentang laporan bahwa Kadyrov diduga terinfeksi Covid-19. (Baca: Viral, Perawat Covid-19 Bercelana Dalam dengan APD Transparan )

RIA Novosti mengutip seorang pembantu Kadyrov, yakni kepala televisi Grozny; Akhmed Dudayev, yang mengatakan bahwa pemimpin Chechnya "berada dalam kendali pribadi terkait pekerjaan di kantor pusat virus corona". Dia tidak mengomentari laporan perihal rawat inapnya.

Sebagai sekutu penting Presiden Rusia Vladimir Putin, Kadyrov mengambil alih kekuasaan di Chechnya setelah ayahnya Akhmat Kadyrov terbunuh dalam serangan bom tahun 2004.

Dia dan ayahnya telah berperang melawan Moskow selama konflik separatis berdarah pertama di Chechnya dari 1994-1996. Namun, mereka beralih pihak dengan mendukung Kremlin ketika melancarkan perang kedua di Chechnya pada tahun 1999 di bawah pengawasan Putin yang kala itu menjabat sebagai Perdana Menteri Rusia.

Kadyrov menyebut dirinya "prajurit kaki", tetapi secara luas dianggap menikmati carte blanche dari Moskow. Dia mengambil pendekatan yang khas dalam menangani pandemi virus corona, dengan menyebut dokter yang mengeluhkan kurangnya alat pelindung diri (APD) sebagai "provokator" yang harus dipecat.

Data worldometers yang dikutip SINDOnews.com menunjukkan negara yang dipimpin Presiden Vladimir Putin ini memiliki 317.554 kasus Covid-19 dengan 3.099 kematian dan sebanyak 92.681 pasien berhasil disembuhkan. Khusus di wilayah Chechnya tercatat ada 1.026 kasus dan 11 kematian.

Meskipun jumlah kasus infeksi tinggi, pejabat Rusia mengatakan situasinya stabil dan angka kematian rendah. Pemerintah juga mulai melonggarkan penguncian atau lockdown di banyak bagian di negara itu.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)