Malaysia Deteksi Kasus Pertama Varian Covid-19 India

Minggu, 02 Mei 2021 - 20:55 WIB
loading...
Malaysia Deteksi Kasus Pertama Varian Covid-19 India
Menteri Kesehatan Malaysia, Adham Baba menuturkan pihaknya telah mendeteksi kasus pertama dari varian virus Corona yang sangat menular yang pertama kali diidentifikasi di India. Foto/REUTERS
A A A
KUALA LUMPUR - Menteri Kesehatan Malaysia , Adham Baba menuturkan, pihaknya telah mendeteksi kasus pertama dari varian virus Corona yang sangat menular, yang pertama kali diidentifikasi di India. Pernyataan ini datang beberapa hari setelah Malaysia memberlakukan larangan penerbangan dari India.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendeskripsikannya sebagai "varian minat", menunjukkan kemungkinan mutasi yang akan membuat virus lebih mudah menular, menyebabkan penyakit yang lebih parah atau menghindari vaksin.

"Varian tersebut, bernama B.1.617, terdeteksi di warga negara India yang diperiksa di Bandara Internasional Kuala Lumpur," kata Adham dalam sebuah pernyataan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang. Semua upaya kesehatan masyarakat akan terus dilakukan guna memutus mata rantai penularan dan menjamin keamanan masyarakat," sambungnya.

Adham, seperti dilansir Reuters pada Minggu (2/5/2021), tidak mengatakan kapan varian itu terdeteksi.

Malaysia, yang menghadapi lonjakan kasus Covid-19, pada Rabu melarang penerbangan ke dan dari India untuk mencegah penyebaran varian baru.

Selain itu, Kuala Lumpur juga melarang pelancong yang pernah mengunjungi India dalam beberapa hari terakhir untuk memasuki negara itu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)