Korban Meninggal Tragedi Ziarah Yahudi Israel Bertambah Jadi 45 Orang

Sabtu, 01 Mei 2021 - 08:53 WIB
loading...
Korban Meninggal Tragedi Ziarah Yahudi Israel Bertambah Jadi 45 Orang
Festival api unggun Yahudi Lag Baomer, di Israel utara pada Kamis malam berubah menjadi tragedi. Foto/Twitter
A A A
TEL AVIV - Jumlah korbanmeninggal dalam tragedi ziarah akbar komunitas Yahudi di Israel bertambah menjadi 45 orang. Semua korban meninggal telah dimakamkan kemarin.

Awalnya ratusan ribu peziarah memadati Gunung Meron di situs makam Rabbi Shimon Bar Yochai pada hari libur Lag BaOmer pada Kamis malam hingga Jumat dini hari. Para peziarah berdesak-desakan sembari membawa api unggun.



Tragedi dimulai ketika seorang peziarah jatuh dari tangga, menimpa para peziarah lain yang panik dan berdesak-desakan. Puluhan dari mereka terjebak dalam kerumumanan dan tewas terinjak-injak.

Korban meninggal awalnya dilaporkan sebanyak 28 orang, kemudian bertambah 44 orang dan diperbarui lagi menjadi 45 orang. Ratusan orang lainnya terluka.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menjanjikan penyelidikan atas apa yang dia sebut sebagai salah satu "bencana terburuk" negara itu.

Kementerian Kesehatan mengon mengonfirmasi jumlah korban tewas sebanyak 45 orang. Badan penyelamat Magen David Adom mengatakan sekitar 150 orang terluka.

Pihak keluarga ingin menguburkan para korban sebelum libur Shabbat dengan pemakaman diadakan di Yerusalem dan kota Bnei Brak yang sebagian besar dihuni komunitas Yahudi ultra-Ortodoks.

Shalom Levy, menghadiri pemakaman di pemakaman Yerusalem, menyebut kejadian itu sebagai "tragedi bagi orang-orang Yahudi".

Di antara para korban adalah Elazar Goldberg yang berusia 38 tahun, yang ayahnya meminta Tuhan untuk melindungi anak-anaknya saat putranya dimakamkan di Kota Suci.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)