Mengejutkan, Hasil Scan Menunjukkan Mumi Mesir Ini Tengah Hamil

Kamis, 29 April 2021 - 23:52 WIB
loading...
Mengejutkan, Hasil Scan Menunjukkan Mumi Mesir Ini Tengah Hamil
Hasil pemindaian (scan) yang dilakukan tim ilmuwan Polandia menunjukkan temuan mengejutkan bahwa mumi Mesir ini tengah hamil. Foto/BBC
A A A
WARSAWA - Sekelompok tim ilmuwan Polandia mengungkapkan jika satu-satunya sampel mumi Mesir yang mereka miliki dibalsem dalam kondisi hamil. Penemuan ini dibuat oleh para peneliti di Proyek Mummy Warsawa dan dingkapkan dalam Journal of Arkeologi Science pada hari Kamis (29/4/2021).

Proyek yang dimulai pada 2015 ini menggunakan teknologi untuk memeriksa artefak yang bertempat di Museum Nasional di Warsawa.

Mumi itu sebelumnya dianggap sebagai pendeta laki-laki tetapi pemindaian mengungkapkan jika mumi itu adalah wanita yang tengah berada di tahap akhir kehamilan.

Para ahli dari proyek percaya bahwa mumi itu kemungkinan besar adalah wanita dengan status sosial yang tinggi, berusia antara 20 dan 30 tahun, yang meninggal selama abad ke-1 SM.



"Disajikan di sini adalah satu-satunya contoh terkenal dari seorang mumi wanita hamil dan gambar radiologis pertama dari janin seperti itu," tulis mereka dalam artikel jurnal yang mengumumkan temuan tersebut seperti dikutip dari BBC.

Menggunakan keliling kepala janin, mereka memperkirakannya berusia antara 26 dan 30 minggu ketika sang ibu meninggal karena alasan yang tidak diketahui.

"Ini adalah temuan kami yang paling penting dan paling signifikan sejauh ini, kejutan total," ucap anggota tim Wojciech Ejsmond dari Akademi Ilmu Pengetahuan Polandia mengatakan kepada Associated Press.

Salah satu peneliti tentang proyek ini, Dr Mrenazona Ozarek-Szilke, mengatakan kepada kantor berita negara Polandia bahwa suaminya pertama kali melihat apa yang tampak "kaki kecil" di salah satu pemindaian.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)