Tarik Pasukan dari Afghanistan, AS Bersiap Hadapi Serangan Taliban

Sabtu, 24 April 2021 - 23:34 WIB
loading...
Tarik Pasukan dari Afghanistan, AS Bersiap Hadapi Serangan Taliban
AS kerahkan lebih banyak senjata untuk melindungi penarikan pasukannya dari Afghanistan. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) memposisikan lebih banyak senjata di Timur Tengah dan Asia Selatan untuk memberikan perlindungan bagi pasukannya saat mereka bersiap untuk meninggalkan Afghanistan .

Pentagon pada hari Jumat mengumumkan bahwa Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin telah memerintahkan kapal induk USS Dwight D. Eisenhower untuk tetap berada di wilayah tersebut untuk jangka waktu tertentu. Pembom jarak jauh juga menuju ke wilayah tersebut, dan dua B-52 Angkatan Udara AS sudah tersedia.



"Kami ingin membuat penarikan ini aman, tertib dan tidak tergesa-gesa," kata sekretaris pers Pentagon John Kirby kepada wartawan.

"Itu berarti memberi komandan di darat pilihan untuk memastikan bahwa pasukan kita dan tentara kita serta sekutu kita terlindungi saat mereka bergerak keluar," imbuhnya seperti dikutip dari VOA, Sabtu (24/4/2021).

Presiden AS Joe Biden pekan lalu mengumumkan bahwa ia menarik sekitar 2.500 hingga 3.500 tentara AS dari Afghanistan mulai 1 Mei, dan penarikan itu akan selesai pada awal September.



Sekutu AS, yang memiliki sekitar 7.000 tentara lagi di Afghanistan di bawah naungan NATO, juga akan pergi, bersama dengan ribuan kontraktor, di bawah garis waktu yang sama.

Terlepas dari penarikan yang direncanakan, para pejabat Taliban telah berulang kali mengancam akan menargetkan pasukan AS dan koalisi jika mereka gagal meninggalkan Afghanistan pada awal Mei - tenggat waktu di bawah perjanjian yang ditandatangani antara Taliban dan pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump.

"Akan sangat bodoh dan tidak hati-hati untuk tidak berasumsi bahwa mungkin ada perlawanan dan penentangan terhadap penarikan oleh Taliban karena retorika mereka yang kuat," kata Kirby kepada wartawan tentang ancaman itu, membiarkan terbuka kemungkinan bahwa langkah-langkah tambahan bisa datang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)