Lawrence Wong, Calon PM Baru Singapura Ditunjuk Jadi Menteri Keuangan

Sabtu, 24 April 2021 - 08:33 WIB
loading...
Lawrence Wong, Calon PM Baru Singapura Ditunjuk Jadi Menteri Keuangan
Lawrence Wong, sosok yang dianggap sebagai calon PM baru Singapura pengganti Lee Hsien Loong, ditunjuk sebagai menteri keuangan dalam perombakan kabinet. Foto/newsbtt
A A A
SINGAPURA - Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong menunjuk Lawrence Wong, yang dianggap sebagai calon PM baru, sebagai menteri keuangan baru dalam perombakan kabinet. Perombakan kabinet terjadi pada saat negara tetangga Indonesia itu mengatur ulang rencana suksesi kepemimpinannya.

Wong, wajah perjuangan pemerintah melawan pandemi COVID-19, adalah salah satu tokoh politik yang lebih muda yang disebut-sebut oleh para analis sebagai calon penerus PM Lee. Dia saat ini menjabat sebagai menteri pendidikan dan menteri keuangan kedua.



Wong menggantikan Heng Swee Keat, yang mengambil langkah tak terduga dengan mundur sebagai calon suksesor PM Lee. Mundurnya Heng Swee Keat sebagai calon PM baru Singapura telah menimbulkan ketidakpastian tentang siapa yang akan menggantikan PM Lee, 69, ketika dia pensiun.

Stabilitas telah lama menjadi salah satu kekuatan terbesar Singapura yang kaya, menjadikannya surga bagi investor dan bisnis di wilayah di mana pergolakan politik biasa terjadi.

Lee, yang telah mengisyaratkan akan menunda rencananya untuk pensiun pada usia 70 tahun untuk melihat Singapura melewati pandemi COVID-19, mengatakan dia akan tetap berkuasa sampai penggantinya dipilih.

"Upgrade untuk Lawrence Wong tentu saja merupakan sinyal, langkah hati-hati untuk mengeksplorasi kapasitasnya," kata Gillian Koh, wakil direktur penelitian di Institute of Policy Studies, seperti dikutip Reuters, Sabtu (24/4/2021).

Lee, putra dari pendiri Singapura Lee Kuan Yew, juga memegang portofolio keuangan sebelum menjadi perdana menteri ketiga negara itu.

Perombakan kabinet terjadi setelah Singapura, pusat keuangan dan perdagangan global, mengalami resesi terburuk tahun lalu karena pandemi. Pemerintah telah menyalurkan lebih dari SD100 miliar (USD75,34 miliar) ke dalam perekonomian untuk mengatasi dampak buruk tersebut.

Di antara para pesaing untuk posisi teratas, Chan Chun Sing diberi portofolio pendidikan dan Ong Ye Kung akan mengambil alih sebagai menteri kesehatan. Ong akan melepaskan perannya sebagai menteri transportasi dan bergabung dengan Wong sebagai ketua bersama satuan tugas pemberantasan virus corona di Singapura.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)