Singapura Turut Kerahkan Kapal Selam untuk Bantu Pencarian KRI Nanggala-402

Kamis, 22 April 2021 - 20:41 WIB
loading...
Singapura Turut Kerahkan Kapal Selam untuk Bantu Pencarian KRI Nanggala-402
Kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan hilang kontak sejak Rabu (21/4/2021) pukul 04.30 WITA di perairan Bali. Foto/Dokumen SINDOnews.com
A A A
SINGAPURA - Menteri Pertahanan Singapura , Ng Eng Hen mengatakan, dia langsung memerintahkan Angkatan Laut negara itu untuk segera berangkat ke Bali guna membantu menemukan kapal selam KRI Nanggala-402 . Ng Eng mengatakan, Singapura menerima permintaan bantuan dari Indonesia, kemarin.

Ng Eng mengatakan, bahwa tim medis juga akan dikerahkan dalam upaya pencarian kapal selam itu. "Tim medis juga ditambahkan ke kru reguler jika perawatan hiperbarik diperlukan," ucapnya.

Dia menuturkan, hubungan militer Singapura dan Indonesia sangat erat, dibangun selama bertahun-tahun latihan bilateral dan keterlibatan di semua tingkatan.
"Wajar jika kami melakukan apa pun yang kami bisa untuk membantu di saat-saat seperti ini," ujarnya, seperti dilansir Channel News Asia pada Kamis (22/4/2021).

"Lokasi operasi pencarian, dekat Bali, jaraknya lebih dari 1.500 km dan perairannya dalam, itulah sebabnya MV Swift Rescue segera berlayar," sambungnya.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan 10 negara telah bergabung dalam Konferensi Kapal Selam siap membantu pencarian Kapal Selam KRI Nanggala 402 .

Bantuan yang datang itu menyusul dikeluarkannya distress oleh pihak TNI AL dengan sebelumnya disetujui Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

"Atas izin Panglima TNI kita distress kepada negara-negara yang tergabung dalam Konferensi Kapal Selam sehingga siap negara-negara yang memiliki kapal selam siap membantu," ujar Yudo.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1980 seconds (0.1#10.140)