Kartel Meksiko Gunakan Drone Peledak untuk Menyerang Polisi

Kamis, 22 April 2021 - 02:11 WIB
loading...
A A A
Selama beberapa minggu terakhir, ratusan penduduk telah meninggalkan kota dalam ketakutan karena CJNG dan kelompok pesaingnya yang menamakan dirinya United Cartels (Carteles Unidos), berjuang untuk menguasai kota itu.

Awal bulan ini, delapan mayat yang dimutilasi ditemukan di daerah itu setelah pertempuran mematikan pecah antara kedua kelompok tersebut.

Aguililla adalah tempat kelahiran pemimpin CJNG Nemesio Oseguera Cervantes, juga dikenal sebagai "El Mencho".

"El Mencho" adalah salah satu orang yang paling dicari di Meksiko dan badan anti narkoba Amerika Serikat (AS) menawarkan hadiah USD10 juta untuk informasi yang berujung pada penangkapannya.

Kartelnya adalah salah satu yang paling kuat di Meksiko dan berada di balik beberapa serangan paling mematikan terhadap pasukan keamanan, seperti penyergapan tahun 2015 di Jalisco yang menewaskan 15 perwira.



Kartel ini telah menyebar dari basis kekuatan aslinya di negara bagian Jalisco dan kini hampir menguasai secara nasional.

Pejabat keamanan mengatakan kartel itu juga di balik upaya pembunuhan terhadap kepala polisi Mexico City, Omar Garcia Harfuch, pada Juni lalu.

Kartel ini diyakini telah meningkatkan serangannya terhadap pasukan keamanan sebagai pembalasan atas ekstradisi putra El Mencho ke Amerika Serikat, Ruben Oseguera Gonzalez, yang dikenal sebagai "Menchito" (Mencho Kecil), atas tuduhan perdagangan narkoba.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)